Ada sebuah terobosan terbaru dari Facebook, dimana mereka menciptakan sebuah tools yang bernama Rights Manager Tool. Jadi jika kamu mempunyai sebuah komunitas grup di Facebook, para administrator bisa menggunakan Rights Manager Tools ini untuk menuntut hak dari sebuah gambar, video dan musik. Pastinya ini akan berbanding lurus dengan banyaknya takedowns dengan alasan copyright, dan ini akan diberlakukan di berbagai platform media sosial seperti Facebook dan Instagram.

Baca Juga:

Seperti yang diutarakan oleh Jeniece Primus selaku manager produk dari Facebook melalui blog resmi Facebook, jika dulu para user Facebook hanya bisa mengklaim hak cipta hanya untuk musik dan video, maka sekarang kamu bisa mengklaim hak cipta untuk sebuah gambar.

Untuk group di Facebook sendiri, para admin group tersebut akan dibekali dengan Rights Manager Tool. Ini memungkinkan para kreator untuk mematenkan hak cipta konten mereka, tentu saja tools ini mempunyai kemampuan mencocokan gambar, video atau musik di platform sosial media Facebook dan Instagram. Ketika hasil tersebut terbukti benar menyalahi kebijakan copyright maka kamu bisa langsung men-takedown konten re-uploader tersebut.

Bisa dibilang, hampir semua orang bisa mengakses Right Manager Tools ini, dan tentu saja kamu akan menemui banyak banget takedowns yang bersliweran di dua media sosial terbesar itu. Ini merupakan sebuah langkah yang sangat berani tentunya yang dilakukan oleh Facebook, karena kebiasaan bermedsos akan sangat berubah jika kebijakan ini dirilis.

Langkah yang Benar atau Salah?

Mungkin jika kita melihat dari suatu sisi profesionalitas, contohnya seperti para fotografer, seniman, videografer, dan musisi ini merupakan langkah yang sangat tepat sasaran. Mereka bisa dengan mudah mematenkan karya dari hasil jerih payah mereka yang terkadang banyak disalahgunakan oleh beberapa oknum.

Sebaliknya, jika kita melihat ada beberapa akun di Instagram atau Facebook yang membuat sebuah meme lucu, atau akun yang berisi sebuah edukasi yang kontennya me-repost sebuah gambar akan terkena dampak negatif yang paling besar atas kebijakan ini.

Lantas bagaimana menurut kamu tentang kebijakan terbaru dari Facebook ini?, apakah kamu setuju dengan langkah yang diambil?, atau mungkin kamu tidak setuju?. Tulis pendapat kamu di kolom komentar ya, semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu semuanya, terima kasih!.

Sumber

  Technow #45: Spotify Dibobol..?? iOS 15, Snapdragon 875 dan 775G! Windows 10X  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.