via Sparrows News

Vivo akhirnya resmi meluncurkan skin kustominasi terbarunya, Origin OS, Skin pengganti Funtouch OS ini membawa tampilan dan sejumlah fitur baru yang belum ada di Funtouch OS.

Paling kentara perbedaannya ada di tampilan di menu home. Origin OS dipenuhi dengan berbagai widget berbentuk kotak-kotak. Ukuran widgetnya dapat diatur sesuai selera.

via Sparrows News

Baca juga:

Widget ini juga dapat menampilkan informasi ‘mini’ dengan fitur Atomic Notification. Sehingga pengguna tak perlu membuka aplikasinya, dan dapat bekerja dalam beberapa skenario. Selain menampilkan notifikasi, widget ini bisa berfungsi untuk mengatur kontrol di ponsel semisal memutar musik.

via Sparrows News

Meski ukurannya akan meningatkan kita dengan widget di iOS 14, namun Vivo membantah menirunya. Vivo mengaku tampilan ini terinspirasi dari permainan tradisional khas Tiongkok, Huarong Road.

Di segi tampilan lainnya, Vivo menambah Behavioral Wallpaper yang mensimulasikan gerakan seperti kelopak bunga. Wallpaper ini dapat menyesuaikan dengan cuaca di lokasi saat ini, seperti tutupan awan, kecepatan angin, hingga visibilitas cahaya lokal.

gerakan kompleks, seperti goyangan tiap kelopak bunga. Wallpaper juga dapat menyesuaikan cuaca di luar dengan menggambar representasi awan yang akurat (tutupan awan yang cocok, kecepatan angin dan visibilitas kondisi cuaca lokal).

via Sparrows News

Vivo juga menambah 26 kombinasi gesture yang bisa diakses dengan menyentuh bagian bawah layar. Terdapat pula fitur SuperCard untuk mengaktifkan pembayaran nirsentuh dengan kartu yang bisa diakses dari mana saja di layar, sekalipun layarnya mati.

Origin OS turut dilengkapi dengan fitur Multi-Turbo 5.0 yang fungsinya untuk optimalisasi penggunaan memori. Begitupula dengan fitur Memory Fusion, yang bisa menambah kapasitas RAM hingga 3GB dengan mengambilnya dari memori internal.

Masih di sektor performa, proses preloading aplikasi juga lebih cepat, sehingga aplikasi lebih cepat dibuka dan digunakan.

Penasaran dengan tampilan lain dari Origin OS? Berikut ini screenshot tampilannya:

Sayangnya Vivo masih menutup informasi kapan Origin OS resmi digunakan di smartphone mereka, termasuk timeline pembaruan ke Origin OS.

Kita nantikan saja kabar terbarunya.

via Sparrows News

  Technow #46: Snapdragon 888..!! RIP Galaxy Note? Bliss OS, iPhone 13 Periscope Zoom!  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.