Tanpa terasa, ponsel yang tadinya kosong bisa menjadi penuh hanya dalam waktu singkat. Maka dari itu, kita harus rajin mengontrol penyimpanan agar ruang kosong tetap tersedia dan berikut ini adalah 7 cara melegakan penyimpanan di ponsel dan tablet Samsung.

1. Bersihkan file sementara (cache)

GuidingTech

Dengan semakin banyaknya aplikasi yang kamu install, maka akan semakin banyak pula file sementara atau cache yang tersimpan di ponselmu. Sayangnya, kamu harus membersihkan hal ini secara manual satu per-satu. Buat kam yang belum tahu caranya, silakan pergi ke:

  • Settings > Apps
  • Selanjutnya pilih aplikasi yang ukurannya sudah membengkak atau yang tidak normal menurutmu
  • Tap menu penyimpanan dan tinggal pilih opsi clear cache

2. Bersihkan data

GuidingTech

Clear data dan clear cache itu adalah dua hal yang berbeda ya gaes, jika cache merupakan pengambilan data dari internet yang mana data tersebut nantinya dapat diakses dengan lebih cepat dikemudian hari, sedangkan untuk data adalah kebalikannya yaitu pengambilan data dari internet yang dapat diakses secara offline — mis. data login menggunakan e-mail. (Baca: Apa itu Clear Cache dan Data di Android?)

Cara untuk membersihkan data kurang lebih sama seperti ketika kamu membersihkan cache.

3. Cek folder download

Penyebab dari penyimpanan ponselmu penuh mungkin bukan karena cache dan data saja, terkadang kita sering lupa kalau sebenarnya kita pernah mengunduh berbagai file melalui browser. Maka dari itu, silakan kamu kunjungi folder Download via File Manager yang ada di ponselmu dan mulailah menghapus file yang dirasa sudah tak penting.

4. Periksalah recycle bin atau tempat sampah

Beberapa aplikasi tertentu hadir dengan opsi recycle bin (mis. Samsung Gallery, Google Photos, OneDrive dan lain-lain) yang mana membuat file yang kamu hapus masih bisa diakses selama 7-30 hari, sebelum nantinya sistem akan benar-benar menghapus file tersebut secara permanen dari perangkatmu.

Kalau kamu memang benar-benar butuh ruang kosong pada penyimpanan kamu, silakan cek recycle bin pada aplikasi-aplikasi tersebut. Siapa tahu saja masih ada sampah yang tersisa.

5. Gunakan Samsung Analyse storage

GuidingTech

Kalau kamu gak tau hal apa yang membuat penyimpanan kamu penuh, lebih baik kamu gunakan sebuah alat yang sudah disediakan oleh Samsung yakni Analyse storage yang tersedia di My Files. Alat ini akan menganalisa seluruh file yang ada di ponselmu dan akan menampilkan file dengan ukuran besar serta file mana saja yang bisa kamu hapus atau yang sudah tidak kamu gunakan lagi.

6. Nonaktifkan aplikasi per-install

GuidingTech

Ketika pertama kali diaktifkan, ada banyak sekali aplikasi pre-install yang sudah terpasang di ponsel Samsung dan ada hal yang amat disayangkan, dimana kamu gak bisa menghapus aplikasi tersebut (kecuali di root). Satu-satunya cara agar aplikasi tersebut tidak tampak (seakan terhapus) adalah dengan menonaktifkan aplikasi tersebut melalui settings.

Dengan demikian, setidaknya kamu bisa menghemat ruang penyimpanan kamu hingga puluhan bahkan ratusan MB.

7. Nonaktifkan opsi auto-download pada aplikasi chat

GuidingTech

Untuk masalah yang satu ini, sepertinya bukan cuma dialami oleh user Samsung, user ponsel Android lainnya pun pasti akan mengalaminya. Memang benar, jika kita mengaktifkan opsi auto download pada aplikasi chat seperti WhatsApp, Telegram dan lain-lain. Hal ini dikarenakan media yang tidak kamu inginkan pun akan ikut terunduh. Selain membuat penyimpanan kamu cepat habis, hal ini juga akan mengakbiatkan kuota kamu menipis.

Maka dari itu, buat kamu yang merasa ruang penyimpanan ponselnya sudah tipis, silakan nonaktifkan opsi media auto-download sekarang juga.

Nah, itulah gaes 7 cara untuk melegakan penyimpanan di ponsel dan tablet Samsung. Semoga bermanfaat . . .

  ⚡️ Huawei Watch Fit Elegant Edition! Apa yang Baru..??  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.