Pernahkan kamu bermimpi untuk mengunjungi tempat-tempat ikonik seperti Taj Mahal, atau mungkin istana Versailles dll semuanya bisa kamu kunjungi hanya dengan Google Search saja, woow!. Dan lebih serunya lagi, kamu bisa melihat sekeliling dari landmark tersebut secara 360 derajat, ya ini merupakan suatu inovasi yang penting dari Google.

Baca Juga:

Google memang selalu terus mencari cara untuk mempermudah orang-orang mengekplore dunia secara virtual. Seperti yang dilansir dari The Keyword, Google telah resmi memperkenalkan sebuah fitur terbaru, yang membuat kamu bisa menjelajahi lebih dari 100 situs budaya penting di seluruh dunia secara virtual. Jadi kamu tidak perlu lagi keliling dunia hanya untuk melihat situs budaya tersebut.

Untuk mengakses fitur ini, kamu harus mengakses informasi dalam bahasa Inggris tentang lokasi yang didukung. Kamu bisa men-tap bagian “about” untuk melihat sebuah link ke tur secara virtual. Lalu, kamu tinggal masuk ke link tersebut dan kamu bisa melihat berbagai gambar, foto, artefak dan yang paling unik adalah street view dari situs budaya tersebut.

Bisa dibilang, kamu bisa menikmati sebuah situs budaya tersebut hampir seperti pengalaman secara nyata. Google pun mengambil data-data seperti itu, dari koleksi Google Arts and Culture. Memang, faktanya kamu tidak akan mendapatkan pengalaman seseru aslinya, namun yang pasti minimal kamu bisa melihat keadaan di dalam bangunan tersebut lengkap dengan gambar-gambar ornamen maupun deskripsi-deskripsi yang terletak di dalamnya.

Bisa dibilang ini memomentum yang tepat bagi Google untuk mengeluarkan fitur ini, karena travelling bukan pilihan banyak orang untuk saat ini. Fitur ini juga sangat bermanfaat untuk kamu merencanakan kemana kamu akan berpergian nantinya setelah pandemi ini berakhir.

Ada 100 tempat yang bisa kamu kunjungi secara virtual di fitur ini, sayangnya Google tidak memberikan daftar lengkap tempat mana saja yang support dengan fitur ini. Jadi, kamu harus melakukan beberapa percobaan secara manual tentang tempat mana yang di support. Ada beberapa list yang bisa kamu coba yaitu Istana Versailles, Palace Museum di China, Valley of the Temples Sicilia, Gunung Haguro Jepang, Museum Nasional American Indian Smithsonian Amerika, dan Museu Nacional de Belas Artes Brazil.

Lokasi budaya manapun yang kamu kunjungi tersebut, jelas kamu akan mendapatkan banyak ilmu dan bisa belajar banyak tentang dunia. Tentunya hal ini sangat positif karena tempat-tempat tersebut tidak bisa dikunjungi secara fisik untuk saat ini.

Lantas bagaimana pendapat kamu tentang fitur terbaru dari Google ini?. Tulis pendapat kamu pada kolom komentar dibawah ya, dan semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu semuanya, terima kasih!.

Sumber

  Technow #43: Android 12, iPhone Tanpa Port! Poco M3 Murah, Android Apps Jalan di Windows..!  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.