Belakangan ini ada banyak pengguna yang melaporkan bahwa ketika mereka hendak menginstal aplikasi Google — mis. Google Camera dan Google Recorder — dari luar Play Store, muncul sebuah pesan eror berupa “INSTALL_FAILED_VERIFICATION_FAILURE” yang tak kunjung hilang.

Penyebabnya belum diketahui secara pasti, namun ada sumber yang menyebutkan bahwa hal ini ada hubungannya dengan kompabilitas dari Android 11 dengan berbagai aplikasi dan juga layanan Google Play Service.

Maka dari itu, bagi kamu yang tetap ingin menginstal atau meng-update berbagai aplikasi Google dari luar Play Store, satu-satunya cara untuk mengatasi hal ini adalah dengan meng-uninstal dan re-instal Google Play Service terlebih dahulu. Kalau kamu belum tahu caranya, cukup ikuti saja langkah-langkah berikut ini:

1. Uninstal update Google Play Service

Kamu gak bisa meng-uninstal Google Play Service, satu-satunya cara adalah dengan menonaktifkan layanan tersebut atau meng-uninstal update yang telah terpasang. Buat yang gak tau caranya, ikuti saja langkah-langkah berikut:

  1. Navigasi ke menu Settings Apps & notifications. Lalu scrol ke bawah hingga menemukan Google Play services.
  2. Tinggal pilih Disable untuk menonaktifkan layanan tersebut atau kamu juga bisa pilih menu more (ikon tiga titik) untuk meng-uninstal pembaruan yang sudah terpasang.

2. Re-instal Google Play Service

Jika kamu sudah menonaktifkan Google Play Service atau meng-uninstal pembaruan yang sudah terpasang, inilah saatnya bagi kamu untuk instal ulang layanan tersebut. Caranya sangatlah mudah, kamu cukup gunakan link yang sudah DroidPoin sediakan berikut untuk meng-update Google Play Service dan tunggu hingga proses selesai.

Jika sudah melakukan dua hal di atas, inilah saatnya bagi kamu untuk mencoba kembali menginstal aplikasi Google — seperti Google Camera atau Google Recorder — dari luar Play Store. Jika masih tetap bermasalah, lebih baik tunggu hingga pembaruan tersedia.

Semoga membantu . . .

  ⚡️ 7 Alasan Memilih Mac Mini daripada MacBook, Sebelum Menyesal!  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.