Popularitas TikTok memang sangat booming di tahun 2020 ini, suka atau tidak suka memang nyatanya hampir setiap negara menggandrungi aplikasi yang berbasis short video ini. Bahkan Instagram pun telah membuat fitur Reels untuk menyaingin aplikasi TikTok tersebut, dan kabar terbaru datang dari Snapchat yang meramaikan persaingan karena mereka telah resmi merilis fitur Spotlight.

Baca Juga:

https://youtu.be/aDfzNGg_byU

Lewat sebuah postingan di Snap Newsroom, Snapchat telah meluncurkan Spotlight, bisa dibilang ini adalah upaya untuk bersaing secara langsung dengan TikTok. Snapchat sendiri melabeli Spotlight ini sebagai entertainment platform, daripada konten yang berisa berita ataupun sebuah politik. Artinya, kamu akan cenderung lebih sering menemukan sebuah konten lucu dan kreatif di Spotlight.

Untuk memulai konten Spotlight tersebut cukup mudah kok, kamu bisa merekam sebuah video hingga 60 detik lamanya, selain itu kamu harus merekam video tersebut secara vertikal dengan suara tentunya. Snapchat juga mendorong kamu untuk memberikan beberapa caption, GIF ataupun filter-filter lucu khas Snapchat.

Snapchat sendiri memberikan hadiah senilai $1 juta setiap harinya bagi para Snapchatters teratas di Spotlight. Akan tetapi ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi, antara lain usia minimal para konten kreator harus 16 tahun dan konten tersebut harus mematuhi panduan komunitas Snapchat. Kompetisi ini sendiri akan dimulai di akhir tahun 2020, dan berpotensi akan lanjut terus.

Dengan hadiah yang sebegitu besar, bisa dibilang ini adalah marketing yang sangat bagus untuk merebut pasar short video. Hingga sekarang, pasar short video masih mempunyai hype yang sangat tinggi, jadi bisa dibilang langkah Snapchat untuk terjun di platform short video sangat tepat meskipun mereka berinvestasi sangat besar untuk mengembangkan hal ini.

Peniru TikTok?

Meskipun kesan awalnya mungkin tampak seperti peniru TikTok, namun ada perbedaan yang cukup besar. Perbedaan paling besar adalah Kamu tidak akan selalu melihat nama kreator yang dilampirkan ke Snaps on Spotlight (watermark user name).

Snapchat hanya akan menampilkan nama kreator tersebut jika profil snapchat mereka bersifat publik. Mungkin jika kamu sering menggunakan atau mem-follow kreator favorit di Tiktok, akan sedikit kebingungan ketika menggunakan Spotlight ini.

Tetapi ini bisa menjadi nilai plus loh, karena banyak user TikTok sendiri mengeluh karena tidak ada fitur tambahan untuk menghilangkan watermark user name tersebut. Jadi, jika memang hal tersebut menjadi permasalahan utama, kemungkinan kreator-kreator tersebut akan menyebrang ke Spotlight by Snapchat ini.

Persaingan Panas pada Platform Short Video

TikTok memang masih menjadi raja di platform ini, tetapi dengan adanya Reels dan Spotlight ini jelas akan mengancam posisi TikTok. Instagram sudah memberikan ancang-ancang jika mereka telah serius untuk mengembangkan platform ini, sedangkan Snapchat melakukan pendekatan hadiah besar untuk menjaring konten kreator agar bisa saling membuat sebuah konten terbaik di Spotlight.

Oke itu tadi berita seputar Spotlight dari Snapchat, semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu semuanya ya. Jika kamu ada saran tentang aplikasi dan game yang ingin dibahas, kamu bisa berkomentar pada kolom diatas ya, terima kasih!.

Sumber

  OPPO Reno5 Review: 17+ Fitur Baru yang Perlu Kamu Tahu 🔥🔥  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.