Salah satu hal unik yang ada di Samsung adalah tersedianya fitur AOD atau Always On Display. Fitur ini memungkinkan kamu untuk mengkustomisasi tampilan waktu, tanggal, baterai, notifikasi dan berbagai hal lain di ponsel kamu. Apalagi, hampir seluruh layar ponsel Samsung yang ada saat ini sudah menggunakan panel AMOLED, sehingga hanya pixel-pixel tertentu saja yang akan menyala dan itu bakal tetap membuat ponsel kamu hemat baterai.

Jadi, gimana? Ada yang sudah menggunakan AOD atau Always On Display di ponsel Samsung? Kalau belum, berikut ini adalah cara mengatur dan menggunakan fitur tersebut:

via Guiding Tech

Ada dua cara untuk mengakses fitur Always On Display, yang pertama adalah melalui Quick Settings (tap aja ikon Always On Display) dan yang satunya melalui Pengaturan (Settings > Lock screen > (aktifkan) Always On Display)

Sebagai tambahan informasi untukmu, Samsung jadi OEM pertama yang menawarkan kustomisasi fitur AOD dan inilah yang membuatnya jadi unik, kamu bukan hanya bisa mengatur kapan AOD ingin ditampilkan (tersedia opsi tap to show, always show dan schedule), tetapi ada juga kustomisasi tampilan yang disediakan oleh Samsung, mulai dari tipe (bentuk) jam yang ingin ditampilkan serta pilihan warnanya.

via Guiding Tech

Kustomisasi yang Samsung berikan tidak berhenti sampai disitu, Samsung juga menyediakan berbagai tema unik untuk ditampilkan di AOD. Tema-tema tersebut bisa kamu dapatkan di Theme Store dan sebagai tambahan informasi untukmu, ada banyak sekali pilihan tema yang disediakan oleh Samsung, kalau kamu bingung Samsung juga menyediakan opsi pilihan editor untuk menandakan bahwa itu adalah salah satu tema terbaik yang tersedia.

via Guiding Tech

Catatan bagi kamu yang ingin menggunakan Always On Display di ponsel Samsung:

  • Always On Display akan menghabiskan baterai ponselmu dengan rata-rata penggunaan 1% per-jam
  • Kalau kamu menggunakan AOD, jangan merasa heran apabila posisi jam terus berubah. Tujuan dari hal ini adalah untuk menghindari burn-in di layar AMOLED.
  • Samsung mengizinkan kamu untuk menetapkan gambar tertentu sebagai latar belakang AOD, tetapi itu tidak disarankan karena akan menggunakan lebih banyak pixel dan mengonsumsi baterai lebih banyak.

  ⚡️ 7 Alasan Memilih Mac Mini daripada MacBook, Sebelum Menyesal!  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.