Banyak aplikasi cleaner yang bertebaran di Playstore, dan kebanyakan dari aplikasi tersebut tidak mempunyai efek yang signifikan. Sebenarnya sistem di Android cukup pintar untuk me-maintenance dirinya sendiri, akan tetapi sebuah bukan sebuah ide yang buruk jika kita mempunyai sebuah aplikasi cleaner di dalam smartphone. Kali ini, aku akan merekomendasikan beberapa aplikasi cleaner android terbaik yang mungkin kamu mau install di smartphone kamu, kita langsung ke daftarnya ya.

Baca Juga:

1. Files by Google

Files by Google merupakan aplikasi official dari Google Android file manager. Aplikasi ini mudah digunakan, kamu tinggal tap Clean maka semua junk file akan langsung hilang. Selain itu, kamu akan diberikan sebuah notifikasi yang diidentifikasi oleh aplikasi ini sebagai pemborosan ruang. Ini termasuk dengan junk file, duplikasi aplikasi, backup foto dan aplikasi-aplikasi yang tidak pernah digunakan, dan kamu bisa menghapus semua itu secara mudah dan tentunya efektif. Download Files by Google.

2. Droid Optimizer

Selanjutnya ada aplikasi yang bernama Droid Optimizer. Droid Optimizer ini termasuk di jajaran aplikasi cleaner terbaik android loh dengan total download jutaan kali di Google Playstore. Cara pakainya pun gampang dan cukup friendly bagi kamu para user yang baru menggunakan aplikasi ini, akan ada introduction screen yang akan memandu kamu untuk mengenali berbagai tools yang ada. Selain itu ada beberapa saran tentang kiat-kiat yang disertakan di dalamnya untuk menjaga dan memelihara sebuah smartphone. Jika kamu terlalu malas untuk pembersihan secara manual, kamu bisa juga menjadwalkan auto-cleanup agar bisa secara otomatis membersihkan junk file secara terjadwal. Masih banyak lagi keuntungan Droid Optimizer ini yang belum bisa aku sebutkan satu-satu dan bisa kamu coba sendiri ya. Download Droid Optimizer.

3. CC Cleaner

Satu lagi aplikasi cleaner yang cukup populer di platform PC maupun Android yaitu CC Cleaner. Memang, CC Cleaner ini merupakan aplikasi multifungsi yang mempunyai spesialisasi untuk menganalisis dan membersihkan file yang seringkali menghabiskan ruang penyimpanan di device kita. Memang sedikit menyebalkan melihat storage kita penuh karena adanya junk file, cache, folder-folder kosong dan riwayat-riwayat yang terkadang membuat risih, maka dari itu CC Cleaner ini diperlukan untuk melakukan hal-hal mendetail tersebut. Selain itu, CC Cleaner ini menyediakan berbagai informasi tentang device kamu, mulai dari CPU, RAM dan berbagai detail lainnya. Download CC Cleaner.

4. All-In-One Toolbox

Membersihkan sebuah smartphone dari berbagai file yang tidak perlu, hanyalah satu dari sekian banyak tugas. Nah, All-in-one Toolbox ini akan memantau dengan lengkap dan keseluruhan smartphone kamu, mulai dari temperatur CPU, hingga memantau keadaan sebuah baterai pun merupakan hal penting yang harus dilakukan. Hanya perlu satu ketukan untuk menganalisis temporary files, cache, hingga folder kosong dan satu ketukan lagi untuk menghapusnya. Selain itu, ada beberapa fitur yang cukup membantu seperti mass app deleter, advanced file cleaning tools, dan Wi-Fi analysis. Tetapi sayangnya, kebanyakan dari fitur-fitur tersebut baru bisa dibuka jika kamu upgrade ke versi premiumnya, tapi overall ini aplikasi yang cukup bagus kok. Download All-in-one Toolbox.

5. SD Maid

Terakhir ada SD Maid yang menjadi aplikasi cleaner terbaik android untuk saat ini. Pengoperasian aplikasi ini sangatlah mudah, dimana kamu tinggal membukan aplikasi, lalu ada empat fitur tindakan cepat yang bisa kamu gunakan untuk “merapikan” smartphone kamu. Fitur pertama yaitu CorpseFinder yang mencari dan menghapus file atau folder yang tersisa dari aplikasi yang dihapus. Fitur kedua adalah System Cleaner yang mana ini berfungsi untuk mencari file dan folders yang aman untuk di hapus. Ketiga ada AppCleaner yang berfungsi untuk menghapus segala macam aplikasi yang tidak terpakai. Terakhir ada Database yang membantu mengoptimalkan database yang ada di aplikasi-aplikasi yang digunakan, misalnya ada aplikasi kamu yang mungkin terasa berat dengan fitur database ini aplikasi tersebut akan dioptimalkan. Download SD Maid.

Oke, itu tadi beberapa aplikasi cleaner android terbaik yang bisa kamu install di smartphone kamu. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu semuanya ya. Jika kamu ada saran tentang aplikasi dan game yang ingin dibahas, kamu bisa berkomentar pada kolom dibawah ya, terima kasih !.

  OPPO Reno5 Review: 17+ Fitur Baru yang Perlu Kamu Tahu 🔥🔥  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.