Ada banyak orang beranggapan bahwa Google Assistant itu tidak terlalu berguna di ponselnya. Namun sebenarnya ini adalah sebuah fitur yang gak kalah penting karena kamu bisa berinteraksi dengan ponsel tanpa harus menyentuhnya.

Pernah gak sih kamu ngalamin Google Assitant kamu bermasalah? Jujur aja, kalau saya sih sering. Ada banyak penyebabnya dan di kesempatan kali ini DroidPoin akan memberikan beberapa tips untuk mengatasi masalah yang timbul di Google Assistant. Berikut adalah detailnya:

1. Restart ponsel

Sebelum kamu mencoba berbagai cara, alangkah lebih baik untukmu untuk merestart perangkatmu. Karena dengan melakukan restart/reboot, semua proses yang sedang berjalan pada ponsel Android kamu akan terhenti, semuanya akan kembali ke kondisi awal seperti saat pertama kali kamu menyalakan ponsel, tentunya hal ini bisa menghilangkan beberapa masalah yang ada pada ponsel Android kamu.

2. Pastikan perangkatmu mendukung Google Assistant dan kamu sudah mengaktifkannya

Gak semua perangkat Android mendukung Google Assistant, pasalnya ada minimum sistem yang harus dipenuhi dan berikut ini adalah detailnya:

  • Android 5.0+ with at least 1GB of memory
  • Android 6.0+ with at least 1.5GB of memory
  • Google app 6.13 or higher
  • Google Play services
  • A screen resolution of at least 720p

Jika perangkat kamu sudah memenuhi persyaratannya, selanjutnya kamu tinggal pastikan apakah kamu sudah mengaktifkan Google Assistant atau belum. Terkadang, (gak tau karena hal apa) Google Assistant ini hobi banget menonaktifkan dirinya sendiri, maka dari itu kamu harus mengaktifkan ulang. Cukup ikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Buka aplikasi Google > Pilih sub menu Lainnya
  2. Navigasi ke Setelah > Google Assistant > Umum
  3. Dari sana tinggal aktifkan Google Assistant

3. Google Assistant tak mengenali suaramu

Selain hobi banget menonaktifkan diri sendiri, masalah lain yang sering dialami pengguna adalah ketika dipanggil, Google Assistant ini gak pernah menyahut. Berarti masalah yang muncul adalah Google Assistant tak mengenali suaramu.

Untuk mengatasi masalah ini, pada menu Google Assistant di aplikasi Google, kamu cukup pilih menu “voice match”. Selanjutnya pilih menu model suara dan silakan pilih hapus model suara yang tersimpan atau langsung memilih untuk melatih ulang model suara.

Jika sudah selesai, tinggal panggil lagi Google Assistant di perangkatmu dan lihat apakah kini bekerja dengan benar atau tidak. 

4. Pemecahan masalah lainnya

Jika cara-cara di atas masih belum mengatasi masalah kamu, DroidPoin masih punya beberapa cara lain yang patut di coba. Berikut ini adalah detailnya:

  • Periksa mikrofon: Pastikan mikrofon kamu berfungsi dan kamu tidak menutupinya dengan tangan saat mencoba memanggil Google Assistant. Jika Google Assistant tidak bisa mendengar apa yang kamu ucapkan, maka Asisten tidak akan merespons kamu.
  • Periksa koneksi internet: Agar dapat menggunakan Google Assistant, ponsel kamu harus terhubung ke internet. Silakan pastikan kamu sudah terhubung ke Wi-Fi atau jaringan seluler dengan koneksi yang stabil.
  • Nonaktifkan apliaksi asisten lainnya: Jika dalam satu perangkat memiliki beberapa virtual assistant (mis. Samsung), coba nonaktifkan Bixby untuk melihat apakah itu menyelesaikan masalah. Dan jika kamu telah mengunduh Alexa, Cortana, atau asisten suara lainnya di ponsel Anda, nonaktifkan atau hapus terlebih dahulu.
  • Tingkatkan aplikasi: Masalah yang timbul mungkin karena aplikasi kamu mendapatkan bug yang cukup serius, jadi silakan cek update untuk mendapatkan versi terbaru dari aplikasi tersebut.

Itulah gaes 4 tips dari DroidPoin untuk mengatasi masalah pada Google Assistant. Semoga bermanfaat . . . 😁

  12+ Alasan Beli vivo X60 5G di 2021 🔥  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.