Kali ini kabar terbaru datang dari aplikasi messaging yang berbasis open source yaitu Signal, dan update terbaru sekarang ini Signal sudah membuat telepon secara video grup bisa dilakukan hingga 5 orang di aplikasi tersebut. Tidak hanya itu, Kamu dari sisi keamanan pun terjamin karena sudah terenkripsi dengan sangat baik.

Baca Juga:

Para pakar teknologi memang memuji aplikasi Signal sebagai salah satu aplikasi messaging yang paling aman. Aplikasi ini telah beroperasi dengan enkripsi ujung ke ujung, mencegah siapa pun membaca pesan kamu atau mendengarkan panggilan kamu.

Nah, sekarang teknologi end-to-end enkripsi tersebut diadaptasi ke group video call. Signal telah resmi memperkenalkan fitur ini di blog resmi miliknya, dan mereka mencatat bahwa panggilan grup adalah gratis, pribadi dan terekripsi end-to-end di semua layanan yang ada di Signal.

Bahkan orang paling dicari Amerika Serikat yaitu Edward Snowden memberikan sebuah tanggapan positif tentang update dari Signal ini. Dia menyatakan bahwa aplikasi inilah yang menjadi harapannya selama bertahun-tahun, bisa dibilang jika kamu memang menyukai hal-hal privasi dan aman, kamu bisa mulai berpindah ke Signal toh ini juga layanan open-source.

Untuk memakainya pun cukup simpel dan mudah, kamu bisa memulai sebuah percakapan atau video call group secara terenkripsi. Kamu tinggal memulai sebuah panggilan group chat, dan kamu akan menemukan ikon baru new video calling di bagian atas layar kamu, tap ikon tersebut lalu member chat tersebut akan mendapatkan sebuah notif bahwa kamu memulai sebuah video call. Dari situ, teman kamu bisa langsung menerima panggilan tersebut yang berjumlah hingga 5 orang, dan tentunya kamu bisa group call dengan aman dan nyaman karena enkripsi end-to-end itu tadi.

Signal Alternatif yang Bagus Sebagai Pengganti WhatsApp

Aplikasi messaging seperti WhatsApp memang masih menjadi aplikasi yang terpopuler untuk saat ini, tetapi dengan adanya Signal ini apalagi ditambah dengan fitur keamanannya yang terjamin, bisa dibilang ini merupakan salah satu alternatif yang sangat bagus untuk kamu. Apalagi jika kamu memang lebih menyukai sebuah privasi.

Kebetulan di tengah pandemi seperti ini, kebutuhan video call memang sangat esensial, dan cuma sedikit platform yang mendukung video call secara group seperti ini. Memang Zoom menjadi sebuah jalan keluar, cuma keamanan dari Zoom itu sendiri masih patut dipertanyakan, meskipun mereka mengklaim bahwa Zoom sudah disematkan fitur end-to-end, berbeda dengan Signal yang sudah terbukti teruji secara keamanannya.

Signal sendiri masih akan terus berinovasi, memang untuk sementara platformnya baru mendukung hingga 5 orang di group video call tersebut, tetapi mereka juga menjanjikan akan menambah angka tersebut untuk kedepannya.

Lalu, bagaimana pendapat kamu tentang update Signal saat ini?, apakah kamu tertarik dengan untuk mencoba aplikasi Signal ini?. Sebelum itu, tulis pendapat kamu pada kolom komentar dibawah ya, semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu semuanya, terima kasih!.

Download Signal

Sumber

  12+ Alasan Beli vivo X60 5G di 2021 πŸ”₯  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.