Kabar baik hadir di aplikasi voice android yaitu Discord, yang mana sekarang kamu bisa membagikan dan menyiarkan permainan atau video ke teman-teman kamu. Ya, fitur ini tentunya sangat penting untuk para player yang ingin mengabadikan ke-“GG”-an permainan kita kepada teman, keluarga, atau kolega. Jika dahulu kamu perlu PC untuk untuk sekedar screen sharing dan webcam tambahan, sekarang hanya bermodal Discord di smartphone semuanya sudah bisa.

Baca Juga:

Adaptasi dari Discord Versi PC

Sebenarnya, untuk fitur screen share ini sudah ada di Discord versi PC sejak tahun 2017 yang lalu, tetapi banyak user yang mencari cara agar fitur ini bisa dipakai untuk versi perangkat mobile. Mungkin jeda waktunya agak lama, tetapi kamu sudah gak perlu lagi menginstall perangkat apapun di smartphone kamu karena Discord telah merilis fitur ini untuk versi mobilenya.

Keuntungannya lagi mengapa Discord ini menjadi hal yang menakjubkan, kamu bisa membagikan rekaman layar kamu (gameplay tentu saja) ke teman kamu, dan kamu bisa pamer kehebatan kamu atau merekam kelucuan apa saja di permainan tersebut. Dengan ini, teman kamu pun bisa melihat apa yang terjadi di dalam rekaman layar kamu.

Memang ini cukup riskan, dimana agak melanggar privasi tetapi jika ruang lingkupnya adalah game seperti Mobile Legend, PUBG, CoDM, bahkan Among Us jelas fitur ini sangatlah penting. Tetapi patut diingat ya, semua-nya terekam ketika kamu mulai memencet tombol rekam, ada baiknya kamu matiin segala notifikasi yang ada sebelum kamu mulai merekam sebuah gameplay.

Cara Mengaktifkan Discord Mobile Screen Sharing

Seperti yang dilansir dari Mobile Screen Share FAQ Discord, cara mengaktifkannya pun tidak berbeda jauh dengan Discord versi PC. Setelah membuka aplikasi Discord, kamu tinggal join di channel mana yang kamu mainkan.

Lalu kamu buka bagian voice channel -> pilih bagian pojok kiri bawah ikon kamera. Pada bagian ini kamu bisa mengaktifkan voice-only call ataupun memakai videocalls.

Dan ketika kamu tap tombol start sharing semuanya yang ada di layar kamu akan terekam secara otomatis, ketika kamu ingin mematikan sharing tersebut, kamu tinggal pencet ikon stop sharing di bagian chat window.

Selain itu kamu juga bisa menjadi streamer dan dilihat teman kamu loh, caranya pun cukup mudah kamu bisa mengklik menu Join/Watch Stream di menu chat. Harap dicatat untuk bagian Watch Stream ini hanya diperbolehkan hanya 50 penonton ya per streaming.

Makin Ringkas Karena Tidak Memperlukan PC Lagi

Dengan fitur screen sharing ini, jelas kamu tidak akan memperlukan PC lagi. Hanya dengan smartphone saja kamu sudah bisa menjadi seorang streamer ataupun membagikan short video kehebatan ataupun momen lucu ketika nge-game, terlebih lagi teman kamu pun bisa melihatnya secara langsung.

Semua fitur ini bisa dinikmati di berbagai platform di Mobile termasuk di Android. Jika memang Discord kamu masih belum ada fitur ini, harap bersabar karena fitur ini akan bisa dinikmati oleh user Discord dimanapun.

Oke itu tadi informasi seputar fitur terbaru dari Discord, semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu semuanya ya. Jika kamu ada saran tentang aplikasi dan game yang ingin dibahas, kamu bisa berkomentar pada kolom dibawah ya, terima kasih!.

  OPPO Reno5 Review: 17+ Fitur Baru yang Perlu Kamu Tahu 🔥🔥  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.