Tidak terasa kita sudah memasuki kuartal ketiga pada tahun 2020. Pastinya aplikasi instant messaging menjadi sebuah aplikasi pilihan utama terlebih lagi ditengah pandemi seperti ini. Pastinya ada banyak banget aplikasi instant messanging yang bisa kamu pilih. Oke kita langsung saja ke daftar nya ya.

Baca Juga:

1. WhatsApp

via AndroidPIT

Tidak bisa dibantah, memang jika kita membicarakan aplikasi instant message terbaik dan terpopuler, tidak bisa lepas dari WhatsApp. Tidak perlu dijelaskan lagi ya mengapa aplikasi ini masuk ke jajaran aplikasi instant message terbaik dan terpopuler, karena aku rasa hampir setiap smartphone pasti terinstall aplikasi WhatsApp. Bisa dibilang ini adalah salah satu aplikasi wajib yang harus ada di smartphone kamu. Download WhatsApp.

2. Facebook Messenger

Via ubergizmo

Facebook Messenger merupakan aplikasi instant messanging terbaik dan terpopuler selanjutnya. Hanya dengan bermodal berteman di Facebook, kamu bisa berkirim pesan dengan mereka, dan tidak perlu lagi bertukar nomor telepon. Karena fitur yang cukup simpel inilah yang membuat aplikasi ini sangat diterima di pasaran.

Seperti WhatsApp, interface nya cukup simpel dan banyak fitur yang mendukung untuk membuat sebuah pesan, mulai dari emoji, GIF, telepon, berbagi foto, dan pastinya instant messaging. Masih banyak fitur lainnya yang bisa kamu nikmati ketika memakai aplikasi Facebook Messenger ini. Download Facebook Messenger.

3. Threema

Aplikasi instant message Threema ini mempunyai spesialisasi tentang keamanan dan privasi. Kontak pun teridentifikasi menggunakan Threema ID. Banyak banget fitur keamanan di aplikasi Threema ini sendiri, yang pastinya membuat Threema menjadi pilihan ideal, bagi mereka yang ingin mengontrol data pribadi saat mengirim pesan ke teman.

Kelemahan satu-satunya dari aplikasi ini mungkin terletak pada kocek, dimana untuk menikmati aplikasi ini, kamu harus merogoh kocek sebesar Rp, 43.000,00. Harga ini lumayan murah apalagi jika kamu mendapatkan berbagai macam keamanan data yang lengkap seperti di aplikasi ini. Download Threema.

4. Session

Session merupakan aplikasi instant messaging anonim terbaik saat ini. Kamu bisa menggunakan aplikasi ini tanpa menggunakan nomor telepon loh, tetapi kamu juga bisa menikmati mengirim pesan dan telepon layaknya WhatsApp. Selain itu, keamanan chat ini pun sudah terenkripsi dan jika memang kamu lebih menyukai chat dengan anonimitas, kamu perlu mempertimbangkan aplikasi sebagai salah satu aplikasi instant messaging pada smartphone kamu. Download Sessions.

5. Skype

Selanjutnya ada aplikasi klasik yang bisa dibilang adalah nenek moyang dari aplikasi video call yaitu Skype. Memang aplikasi ini sudah berumur paling tua jika dibandingkan aplikasi instant message yang lain, tetapi dengan perkembangan jaman, Skype membuat beberapa perubahan yang sangat penting, mulai dari desain, fitur, hingga platform yang bisa digunakan di mobile device.

Jelas kamu harus me-add kontak dengan menggunakan user ID untuk menggunakan Skype to Skype Calling dan Instant Messaging, dan fitur ini bisa kamu gunakan secara gratis. Akan tetapi jika kamu ingin menggunakan nomor kontak, kamu harus mengupgrade Skype ini menjadi versi berbayar. Download Skype.

6. Line

Tidak bisa dipungkiri, Line merupakan salah satu aplikasi Instant Messaging yang terbaik yang masih bertahan hingga sekarang ini. Kelebihan aplikasi ini tentu saja terletak dari banyak stiker-stiker lucu dan imut yang disediakan di dalam Line tersebut. Kamu bisa mendownload segala macam stiker tersebut, mulai dari yang gratis hingga berbayar.

Bisa dibilang Line ini perpaduan antara Facebook, Twitterm dan Skype. Selain bisa dipakai untuk Instant Messaging, kamu juga bisa menggunakan group chat, kemampuan multiplatform (smartphone, tablet, PC), timeline, merekam voice messages hingga mengikuti official account message dari selebritis yang kamu suka. Download Line.

7. We Chat

Selanjutnya ada aplikasi instant messaging WeChat. WeChat ini dasarnya hampir mirip dengan aplikasi instant message lainnya, namun yang paling mencolok tentunya adalah kamu bisa menemukan kontak potensial dari orang sekitar kamu. Kamu hanya perlu menshake smartphone kamu, lalu kamu akan menemukan beberapa kontak di sekitar kamu dan kamu bisa berkenalan dengan mereka.

Kamu bisa mengaktifkan Friend Radar untuk menemukan teman pada lokasi terdekat dengan kamu, dan pastinya akan mempermudah kamu untuk bertemu dan berkenalan dengan mereka. Download WeChat.

8. Slack

Jika kamu membutuhkan aplikasi instant message yang cocok untuk di dunia kerja, Slack ini bisa menjadi pilihan terbaik untuk kamu. Kamu bisa membuat chat secara keseluruhan kepada tim kamu, atau misalnya chat pribadi ke kolega atau bos atau bahkan kepada bawahan kamu.

Selain itu, aplikasi ini juga support dengan aplikasi cloud storage, seperti Google Drive, DropBox, GitHub, Salesforce dan lain sebagainya. Ini benar-benar membantu tidak hanya dalam instant message saja, tetapi kerjaan kamu pun bisa kamu backup di cloud storage tersebut. Download Slack.

9. Discord

Terakhir, Discord ini merupakan aplikasi terbaik bagi kamu yang hobi bermain game. Mirip seperti Slack akan ada berbagai menu yang bisa kamu akses disini. Tidak hanya itu, kamu juga berkomunikasi menggunakan voice chat yang bakalan memudahkan komunikasi kamu ketika memainkan sebuah game.

Kamu bisa dengan mudah mengajak teman kamu dengan hanya menggunakan instant invite links. Sebagai informasi, Discord ini banyak dipakai oleh gamers profesional loh, dan komunitasnya pun ada banyak, mulai dari Reddit, hingga Twitch jadi kamu bisa mencari informasi seputar Discord di komunitas-komunitas tersebut. Download Discord.

Oke itu tadi beberapa rekomendasi aplikasi instant messaging terbaik tahun 2020 yang bisa kamu install. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu semua ya, Jika kamu ada saran tentang aplikasi dan game yang ingin dibahas, kamu bisa berkomentar pada kolom dibawah ya, terima kasih !.

  Noise Cancelling Earphone Terbaik! Review Bose QuietComfort Earbuds Indonesia  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.