Sebuah kabar cukup tak menyenangkan datang dari Google yang mana mereka telah menghilangkan fitur yang cukup unik dari versi 8.1 aplikasi kameranya. Mungkin bagi kamu para user Pixel pasti mengetahui fitur pada Google Camera yang bisa memfoto gambar astrofotografi kan?. Nah, untuk sekarang Google telah membatasi fitur Google Camera tersebut di versi 8.1, bahkan beberapa aspek kunci toolset untuk astrofotografi tersebut telah dihilangkan.

Baca Juga:

Kabar ini datang dari situs 9to5Google yang memperhatikan bahwa mode astrofotografi tidak lagi memungkinkan dengan menggunakan perangkat ultrawide lens di Pixel 5 dan Pixel 4a.

Sebelumnya, ketika mengambil astrofotografi, para user pixel bisa memilih shooter 16MP tersebut untuk mengambil sebuah foto dan hanya memerlukan 0,6 zoom. Untuk mengambil sebuah objek biasanya orang-orang akan meletakkan perangkat Pixelnya dan menaruhnya di objek yang stabil seperti tripod misalnya.

Jika misalnya tidak ada sebuah gerakan, maka mode astrofotografi akan aktif dengan adanya sebuah pesan “Astrofotografi on” dan ikon shutter akan berubah dari bulan menjadi bintang. Apalagi jika dipadukan dengan device Pixel 4a 5G dan Pixel 5 yang mempunyai ultrawide 107 derajat dengan kemampuan 6x pinching out, pastinya kamu bisa mendapatkan hasil yang lebih maksimal.

Tetapi sayangnya untuk versi sekarang, kemampuan ultrawide tidak mendukung mode astrofotografi. Sedangkan lensa wide hanya tersedia di reguler Nigt Sight shots saja tetapi tidak bisa menangkap kemampuan ketika keadaan gelap gulita, ditambah lagi akan ada sebuah pesan “Zoom 1x untuk astrofotografi” dan ketika sudah masuk mode astrofotografi maka fitur pinching 6x tidak tersedia lagi.

Entah mengapa Google membuat kebijakan yang sedikit membingungkan kali ini, kemungkinan terbesar wide angle mode hanya menangkap foto dengan kualitas yang rendah, sedangkan untuk mode 1x bisa menangkap foto yang tajam dan lebih berkualitas tinggi.

Banyak orang tidak terlalu menyukai Google Photos versi terbaru ini, dan mereka langsung menguninstall nya dan menggantinya ke versi 7.6 untuk memaksimalkan kemampuan wide lens dari perangkat Pixel mereka.

Google Camera Masih Hebat

Meskipun sedang mengalami “nerf” yang cukup besar, masih tidak bisa disangkal perangkat Pixel masih bisa menangkap foto astrofotografi yang lebih baik daripada perangkat dari manufaktur lain. Inilah yang mungkin membuat orang khususnya penyuka astrofotografi menyukai Pixel.

Sumber

  ⚡️ HUAWEI SUPER DEVICE! Melihat Kecanggihan Laptop Huawei Terbaru  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.