Kabar terbaru datang dari Google, yang mana mereka telah menjalani tahap tes terhadap fitur terbaru mereka yang akan datang yaitu Carousel. Pada dedicated carousel untuk Instagram dan TikTok ini nantinya akan muncul di in-app Google search, ini akan membuat pencarian sebuah video atau konten gambar entah itu di Instagram dan TikTok semakin mudah.

Baca Juga:

Video TikTok dan Instagram akan Muncul di Pencarian Google

Ya, Google memang sedang bereksperimen dengan fitur dedicated carousel untuk Instagram dan TikTok untuk platform mobile mereka. Hal ini diperkuat dengan adanya sebuah screenshot yang dilakukan oleh Brian Freiseleben seorang SEO specialist yang mengungkapkan fitur terbaru yang diperkenalkan oleh Google ini.

Jadi, jika kamu mencari sebuah kata kunci di aplikasi Google, nantinya akan muncul sebuah short video carousel yang berhubungan dengan kata kunci yang dicari tersebut. Selain itu, Google akan memunculkan video pendek tersebut sebagai thumbnail lengkap beserta judulnya. Pada akhir klip tersebut, kamu juga akan mengetahui dimanakan video itu diambil dari TikTok ataupun dari Instagram.

Awalnya, Google mencoba carousel video pendek ini hanya di Google Discover. Sumber dari video pendek tersebut hanya terbatas dari tiga sumber yaitu Trell (TikTok versi India), Tangi (TikTok-nya Google), dan YouTube. Tetapi sekarang Google telah meluaskan ruang lingkup dari Carousel ini dengan menggandeng TikTok dan Instagram, dan nantinya carousel video pendek ini akan di integrasi dengan search results Google.

Ketika kamu mengklik video tersebut, kamu tidak akan di redirected ke aplikasi terkait, sebaliknya kamu akan melihat video pendek tersebut di versi web platform. Untuk sekarang, daftar pencarian masih terbatas karena masih dalam bentuk test, tetapi jika fitur ini telah resmi diperkenalkan di pasaran, kemungkinan besar kita akan melihat berbagai macam video pendek yang berkaitan dengan apa yang kita cari secara lengkap.

Tujuan Tersembunyi dari Google

Selain pencarian semakin lengkap dan informatif, ada satu hal yang cukup unik terkait dengan Carousel ini, dimana kamu masih bisa melihat short video meskipun kamu tidak menginstall aplikasi tersebut. Jadi ketika kamu selesai menonton shortvideo tersebut, kamu tinggal tap tombol back dan kembali ke laman search dari Google.

Ini memang menjadi tujuan dari Google supaya kamu tidak terjebak dalam lingkaran pencarian video di dalam Instagram dan TikTok yang isinya sangat bervariasi dan banyak, sehingga terkadang membuat kita hanyut di dalam pencarian di aplikasi tersebut. Mungkin inilah yang menjadi tujuan mengapa short video ini bisa dilihat pada versi webnya.

Lantas bagaimana pendapat kamu tentang update terbaru dari Google ini?, apakah kamu setuju dengan fitur dedicated carousel dari Google ini?, ataa malah sebaliknya?. Tulis pendapat kamu pada kolom komentar dibawah ini ya, semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu semuanya, terima kasih dan selamat berakhir pekan!.

Sumber

  OPPO Reno5 Review: 17+ Fitur Baru yang Perlu Kamu Tahu 🔥🔥  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.