Ya, kabar terbaru datang dari aplikasi besutan Facebook yaitu WhatsApp, yang mana mereka telah mencetak rekor di penghujung tahun 2020 kemarin. Facebook mencatat bahwa ada lebih dari 1,4 miliar video dan voice calls yang terjadi di tanggal 31 Desember 2020, ini merupakan rekor pemakaian terbanyak untuk satu hari di WhatsApp.

Baca Juga:

Jika dibandingkan 2019 yang lalu, terjadi peningkatan sekitar 50 persen ini juga menjadi sebuah angka yang sangat besar. Bisa dibilang, efek pandemi mempunyai pengaruh sangat besar sehingga angka pemakaian WhatsApp menyentuh sebanyak itu, banyak orang yang menyambut tahun baru hanya dengan kalangan kecil, jadi untuk tetap berhubungan dengan keluarga maupun teman mereka menggunakan WhatsApp sebagai media.

Angka lonjakan ini tidak hanya di bagian Asia saja, tetapi benua Eropa pun mengalami lonjakan yang paling signifikan. Ini jelas membuktikan sekali lagi jika WhatsApp menjadi media yang paling populer setidaknya 3 tahun terakhir, apalagi dengan adanya pembatasan seperti ini, bisa dibilang ini ladang yang sangat menjanjikan bagi WhatsApp.

Aplikasi Asuhan Facebook Mencatat Hal Serupa

Peningkatan pun tidak hanya dicatat oleh WhatsApp semata, bahkan Facebook Messanger pun mencatat peningkatan serupa dan mereka pun mendapatkan sebuah rekor baru pemakaian Facebook Messenger. Dengan demikian jika membuat perbandingan, pemakaian Facebook Messenger 2 kali lebih banyak daripada hari- hari sebelumnya.

Selain itu alat komunikasi pribadi seperti WhatsApp dan Facebook Messenger, banyak user juga menggunakan fungsi siaran langsung atau live stream di Facebook maupun Instagram. Di seluruh dunia, Facebook menghitung ada sekitar 55 juta kali streaming yang berlangsung di malam tahun baru.

Caitlin Banford selaku Technical Program Manager dari Facebook mengatakan bahwa rekor-rekor baru ini bisa dilihat dalam traffic yang digunakan oleh Facebook sejak awal mula pandemi di bulan Maret 2020. Puncaknya pun terjadi disaat Natal dan tahun baru.

Masih dari pernyataan yang sama, ini membuktikan bahwa para teknisi Facebook terue menjaga segala bentuk infrastruktur yang ada. Dan ini merupakan sebuah persiapan yang baik mengingat ternyata lonjakan besar-besaran di akhir tahun dan tidak ada tanda-tanda laporan terjadi down sama sekali.

Itu tadi berita tentang WhatsApp dan juga Facebook, semoga artikel bisa bermanfaat untuk kamu semuanya ya. Jika kamu ada saran tentang aplikasi dan game yang ingin dibahas, kamu bisa berkomentar pada kolom dibawah ya, terima kasih.

Sumber

  Apple Watch Versi Xiaomi! Murah Banget Bos! 🔥🔥  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.