WhatsApp membuat sebuah terobosan terbaru dalam fitur carts di platform WhatsApp Business mereka, dimana sekarang para calon pembeli akan semakin dipermudah melakukan pembelian dengan jumlah banyak item di platformnya. Dengan terobosan terbaru di carts ini, berbelanja di WhatsApp akan semakin sederhana dan memungkinkan para pembeli untuk memborong banyak item dari satu penjual.

Baca Juga:

Sesungguhnya, fitur carts ini sudah diperkenalkan pada bulan Oktober 2020 kemarin, dan untuk fitur katalog malah lebih lama lagi diperkenalkan tepatnya pada bulan November tahun lalu. Ditambah dengan adanya inovasi multiple items ini, jelas WhatsApp Business bisa menjadi alternatif sebuah “etalase” yang sangat bagus dan simpel.

Jadi nantinya pada menu shopping carts, kamu bisa mencari barang apa saja yang kamu ingin beli lewat katalog penjual, lalu kamu bisa menambahkan jumlah dari barang tersebut ke dalam cart pembelian, dan terakhir kirim orderan tersebut. WhatsApp memberikan sebuah pernyataan tentang fitur ini, yang mana fitur ini akan mempermudah sebuah bisnis untuk melacak pesanan, mengelola permintaan dari pelanggan dan membuat penjualan menjadi lebih sederhana.

Sebelum fitur ini diperkenalkan secara resmi, ketika pembeli ingin membelanjakan sesuatu, pembeli tersebut harus mengirim banyak pesan untuk menyampaikan pembeliannya. Jelas proses ini sangat memakan waktu dan membosankan, bisa dibilang proses yang cukup ribet malah membuat pembeli enggan untuk membeli sesuatu.

Bagaimana Memakai Shopping Cart di WhatsApp

Untuk mengaktifkan fitur ini sangatlah mudah, kamu tinggal ke kontak WhatsApp penjual (penjual harus memakai WhatsApp Business), lalu kamu tap ikon shopping yang letaknya di sebelah nama kontak tersebut.

Lalu kamu akan membuka sebuah katalog dan kamu pilih barang mana yang mau kamu beli. Setelah itu, kamu tinggal tap produknya, lalu tap lagi dan pilih Add to Cart. Kamu bisa cek atau edit pesanan kamu di menu View Cart, jika sudah selesai kamu bisa klik send dan pesanan tersebut akan di proses oleh penjual.

Sayangnya masih untuk masalah pembayaran ini apakah akan mirip seperti toko online shop, tapi yang pasti ini akan memudahkan kamu untuk memulai membuka sebuah usaha.

Sosial Shopping Tren Baru Belanja di Era New Normal

Dengan adanya update WhatsApp ini, bisa dibilang ini menjadi bukti bahwa Facebook semakin serius menggarap lahan Sosial Shopping. Setelah Instagram yang terbukti telah merubah layout utamanya untuk mengakomodir penjualan, dan Facebook yang terlebih dahulu telah meluaskan pasar ke sosial shopping.

Jadi cukup fair jika memang nantinya hampir semua sosial media akan menjadi lahan online shop, dan dengan adanya new normal ini jelas pergeseran ke arah sosila shopping akan menjadi lebih cepat daripada yang kita duga.

Oke itu tadi berita terbaru seputar fitur terbaru WhatsApp, semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu semuanya ya. Jika kamu ada saran tentang aplikasi dan game yang ingin dibahas, kamu bisa berkomentar pada kolom dibawah ya, terima kasih!.

Sumber

  OPPO Reno5 Review: 17+ Fitur Baru yang Perlu Kamu Tahu 🔥🔥  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.