Mulai dari awal perilisan hingga saat ini, Telegram memang menjadi sebuah aplikasi chat yang menawarakan keamanan data paling oke. Tetapi dibalik kesempurnaan keamanan data dan chat yang ditawarkan oleh Telegram tersebut, ada sebuah fitur yang jika diaktifkan bisa membantu para hackers mengetahui alamat lengkap rumah kamu loh, wah!.

Baca Juga:

Fitur tersebut adalah fitur People Nearby, cukup banyak pakar-pakar software engineer yang menemukan bahwa fitur ini mempunyai keamanan yang cukup riskan. Bahkan mereka menambahkan bahwa hacker bisa dengan mudah mengekspos lokasi kamu secara real time.

People Nearby Menempatkan Privasi dalam Resiko yang Besar

Kelemahan fitur People Nearby ini telah dikemukakan oleh seorang software engineer dan peniliti yang bernama Ahmed Hassan. Menurut Hassan, menggunakan fitur ini bisa mempermudah seorang hacker untuk menemukan alamat rumah kamu dengan sangat mudah.

Telegram tidak menyalakan fitur People Nearby secara otomatis, dan kamu bisa menyalakannya secara manual. Ketika kamu menyalakan fitur ini, kamu bisa melihat para user Telegram yang juga memilih untuk membagikan lokasi mereka. Sekilas, orang di memang tidak menimbulkan banyak ancaman, hal ini tidak mengekspos lokasi kamu secara persis, dan hanya wilayah geografis.

Tetapi setelah ditelaah lebih jauh, Hassan telah menemukan bahwa fitur ini dapat dengan mudah ditembus oleh para hacker. Hassan sendiri telah mempublikasikan analisis mendalam tentang hal ini di blog pribadinya, dia memperkirakan bahwa para hacker bisa saja menggunakan spoofing hardware, me-root perangkat mereka atau bahkan hanya berjalan saja di area tertentu untuk mengoleksi data GPS.

Dari sini hacker dapat menggunakan metode triangulation untuk menentukan dengan pasti lokasi dari target tersebut. Karena temuan ini Hassan memberikan sebuah peringatan kepada telegram perihal fitur People Nearby ini.

Tanggapan dari Telegram

Tidak lama setelah Hassan mengirimkan e-mail ke Telegram, pihak Telegram pun membalas ini bukanlah sebuah isu utama. Telegram telah melaporkan bahwa diharapkan bahwa penentuan lokasi yang tepat dimungkinkan dalam kondisi tertentu.

Untuk sementara ini Telegram mungkin masih belum menganggap hal ini gangguan yang besar, tapi mungkin banyak orang berharap Telegram bisa membenahi fitur People Nearby ini menjadi lebih baik. Dengan nama besar Telegram yang terkenal karena keamanan privasi, aplikasi chat paling aman dan menjaga kerahasiaan percakapan menjadi lebih aman ternodai dengan adanya fitur ini.

Telegram sendiri telah memberikan opsi mematikan People Nearby, berarti memungkinkan ada beberapa alasan mengapa Telegram merekomendasikan hal tersebut. Jadi untuk saat ini, mematikan fitur People Nearby merupakan hal terbaik.

Lalu bagaimana pendapat kamu tentang hal ini?. Tulis pendapat kamu pada kolom komentar di bawah ya, semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu semuanya ya, terima kasih!.

Sumber 1

Sumber 2

  ⚡️ Huawei Watch Fit Elegant Edition! Apa yang Baru..??  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.