Ganti region atau wilayah Google Play Store itu susah-susah-gampang sebenarnya, kadang kala ada yang sekali ganti langsung berhasil atau harus beberapa kali mencoba terlebih dahulu baru berhsail dan bahkan ada yang udah coba puluhan kali tapi tetap gak berhasil sama sekali. 😅

Baca juga:

Kalau kamu merasa kesulitan berganti wilayah di Play Store, mending kamu coba tips dari DroidPoin berikut ini:

1. Pastikan kamu tidak terkena batasan

Berdasarkan keterangan dari halaman Google official support, ada beberapa batasan apabila kamu ingin berganti wilayah, diantaranya:

  • Jika kamu sudah berganti wilayah, maka kamu memerlukan waktu 12 bulan lamanya agar dapat kembali berganti wilayah atau kamu cuma bisa berganti wilayah Play Store setahun sekali.
  • Kamu harus benar-benar berada di negara baru.
  • Jika kamu adalah bagian dari Google Play Family Library, maka kamu akan kesulitan berganti wilayah. Pasalnya, semua member Google Play Family harus berada dalam satu wilayah yang sama.

Jadi, kalau kamu benar-benar kesulitan mengganti wilayah kamu, pastikan dulu apakah kamu terkena batasan seperti yang ada di atas atau tidak. Jika terkena batasan, lebih baik kamu gunakan akun baru atau akun cadangan milikmu.

2. Bersihkan cache dan data Play Store

Pada umumnya Play Store akan memunculkan notifikasi secara otomatis ketika kamu berpindah wilayah (negara). Namun, bila hal tersebut tidak muncul, kamu haru membersihkan cache dan data Play Store. Untuk caranya, silakan ikuti saja langkah-langkah berikut ini:

via Guiding Tech
  • Buka Setings atau pengaturan dan carilah menu aplikasi
  • Selanjutnya tinggal cari Google Play Store
  • Lalu tinggal tap hapus cache atau hapus penyimpanan
  • Done

3. Update Play Store

via Guiding Tech

Jika dua cara di atas gagal, mungkin Play Store kamu belum melakukan update ke versi terbaru. Silakan lakukan update secara manual dengan tap ikon tiga strip di Play Store atau menu more, lalu pilihlah opsi settings dan cari versi Play Store, tap menu tersebut dan jika terdapat update maka akan muncul notifikasi.

Begitulah gaes cara mengatasi tidak bisa berpindah wilayah atau region di Play Store, semoga bermanfaat. 😄

  OPPO Reno5 Review: 17+ Fitur Baru yang Perlu Kamu Tahu 🔥🔥  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.