Kabar terbaru datang dari WhatsApp yang sekarang akan memberlakukan otentifikasi secara biometrik untuk versi desktop dan webnya. Jadi, kamu harus memverifikasi identitas kamu via smartphone untuk menghubungkan akun kamu pada platform desktop dari WhatsApp, ini jelas membuat WhatsApp versi desktop dan web akan semakin aman.

Baca Juga:

WhatsApp Meningkatkan Keamanan

Sebenarnya, WhatsApp telah memperkenalkan bocoran update ini di bulan September tahun lalu. Ini karena keamanan untuk aplikasi versi desktop dan webnya tidak seaman versi mobilenya, maka dari itu WhatsApp memutuskan untuk meningkatkan keamanan aplikasi untuk versi desktopnya juga.

Sekarang, ketika kamu ingin mengaktifkan WhatsApp versi web maupun desktopnya, maka ada sebuah prompt yang akan mengonfirmasi identitas kamu lewat smartphone. Sedangkan untuk fitur keamanan otentikfikasi biometric ini sudah kompatibel dengan Android, tetapi jika smartphone kamu tidak mempunyai fitur otentifikasi, tidak usah khawatir kamu masih bisa menghubungkan dengan cara seperto biasanya.

WhatsApp juga mengatakan bahwa fitur ini tidak akan mengijinkan aplikasi untuk melihat data biometrik kamu. Seperti laporan dari website WhatsApp bahwa otentifikasi akan ditangani oleh sistem operasi, sedangkan WhatsApp tidak akan bisa mengakses segala bentuk informasi biometrik yang ada di smartphone para pengguna.

Sederhananya, proses otentifikasi biometrik ini dilakukan secara terpisah oleh perangkat smartphone kamu dan WhatsApp itu sendiri.

Cara Mengaktifkan Otentifikasi Biometrik di WhatsApp Web/Desktop

Untuk cara mengaktifkan sendiri cukup mudah dan simpel kok,

  • Kamu tinggal buka WhatsApp di smartphone kamu.
  • Pilih titik tiga atau More Options, lalu tap Link a Device ikuti segala bentuk prompt yang ada di dalamnya.
  • Centang bagian box Keep me signed in di aplikasi versi web atau desktop jika kamu berkeinginan terus login.
  • Scan QR code.
  • Tap Done, dan proses selesai

Pengguna Masih Ragu-Ragu Menggunakan WhatsApp

Ya, bisa dibilang meskipun merupakan update terbaru, tetapi tak bisa dipungkiri bahwa para user WhatsApp pun masih skeptis terhadap berbagai pengembangan terbaru yang diperkenalkan oleh WhatsApp. Tentu saja ini berkaitan dengan kebijakan terbarunya yang mereka keluarkan di bulan Januari kemarin, maka dari itu banyak usernya kecewa dan bermigrasi ke aplikasi chat lain.

Patut ditunggu apakah WhatsApp bisa mengembalikan lagi kepercayaan user lamanya, atau malah WhatsApp akan mati suri untuk kedepannya.

Oke itu tadi berita seputar update terbaru WhatsApp, semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu semuanya ya. Jika kamu ada saran tentang aplikasi dan game yang ingin dibahas, kamu bisa berkomentar pada kolom dibawah ya, terima kasih!.

Sumber

  Laptop Terbaik untuk Desain Grafis, Creator, dll..?? 🔥🔥  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.