Kabar terbaru datang dari pangsa smartphone, setelah para scientist dari negara Korea Selatan telah sukses mendesain sebuah panel surya transparan yang memungkinkan pengisian smartphone secara sendiri. Jelas ini merupakan penemuan yang sangat menakjubkan, dimana banyak perusahaan smartphone berlomba-lomba membuat perangkatnya menjadi lebih ramah ke lingkungan.

Baca Juga:

Penemuan yang Bakal Merubah Gaya Hidup

Seperti yang diberitakan dari situs sciencedirect, seorang profesor dari Universtas National Incheon Korea Selatan yang bernama Kim Joondong, telah berhasil membuat panel surya yang sangat transparan. Memang ini bukan percobaan pertama tentang pembuatan panel surya transparan, akan tetapi panel surya ini lebih bening dari percobaan-percobaan sebelumnya.

Level Transparannya memang sangat luar biasa, bahkan dengan melihat kualitas transparansi dari panel surya tersebut, hal tersebut bisa dipasang di kompleks perkantoran, mobil, jendela dan mengubahnya menjadi sumber energi potensial. Bahkan lebih gilanya lagi, panel surya ini bisa dipasang di sebuah smartphone dan bisa mengisi daya mereka sendiri!, suatu penemuan yang sangat fenomenal bukan?

Jadi, bisa dibayangkan bagaimana jadinya kita tidak perlu lagi mengisi daya lewat listrik, dan smartphone tersebut bisa mengisi daya sendiri jika perangkat mereka sedang lowbatt, ini benar-benar akan merubah kebiasaan orang-orang untuk mengurangi energi listrik secara besar-besaran.

Masih ada Kekurangan dan Belum Sempurna

Memang penemuan ini masih belum sempurna, banyak kekurangan yang harus diperbaiki pada panel surya transparan ini. Yang paling utama yaitu efisiensi dari pengisian daya yang sangat rendah untuk panel surya semacam itu, jika menurut dengan standar teknologi saat ini, panel surya tersebut tidak cukup kuat untuk mengisi ulang daya smartphone sepenuhnya dari 0 hingga ke 100 persen.

Selain itu bahan-bahan baku pembuatan panel surya transparan ini memang agak terbatas untuk saat ini, jadi kemungkinan produksi massal masih sangat kecil dan membutuhkan dana yang besar pula untuk menyempurnakan solar panel transparan ini.

Untuk bahan baku sendiri, seperti yang diansir dari sciencedirect tersebut, mereka membuat solar panel ini terdiri dari dua bahan yaitu titanium dioxide dan nickel oxide. Titanium dioxide (TiO2) sendiri mempunyai karakteristik semikonduktor yang efektif tetapi tidak mengandung racun, ramah lingkungan dan bahan baku pun sangat berlimpah. Bahan baku kedua adalah Nickel oxide(NiO), bahan inilah yang bertanggung jawan atas karakteristik transparansi yang tinggi tersebut. Kombinasi dari dua bahan inilah yang memungkinkan penciptaan surya panel transparan.

Melihat masa depan teknologi yang semakin ramah lingkungan ini, tentu saja patut ditunggu apakah nantinya smartphone-smartphone masa depan akan disematkan fitur solar panel kedepannya. Jika memang nantinya panel surya tersebut memang dipasang di smartphone, bisa jadi kita tidak akan menjadi fakir colokan lagi.

Lantas bagaimana pendapat kamu tentang pendapat kamu tentang teknologi ini?, apakah teknologi ini bisa membuat perubahan yang besar pada kehidupan khusunya ketika menggunakan smartphone?, atau malah sebaliknya?. Tulis pendapat kamu pada kolom komentar dibawah ini ya, semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu semuanya, terima kasih!.

Sumber

  ⚡️ OPPO Reno6 Indonesia: Unboxing + Hands on!  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.