Sepertinya sosial media berbasis short video yaitu TikTok sudah mendapatkan sebuah saingan yang cukup sepadan yaitu Spotlight yang dikeluarkan oleh Snapchat. Dari awal pengenalan Spotlight di bulan November 2020 hingga sekarang, mereka telah menghimpun sekitar 100 juta pengguna!, jelas ini sebuah angka yang sangat besar.

Baca Juga:

Alasan Spotlight Cepat Meledak

Seperti yang dilaporkan di situs resmi dari Snapchat, hingga akhir tahun 2020 hingga awal tahun 2021. Mereka telah mencatat berbagai angka positif, bahkan yang paling mengsankan adalah growth dari Spotlight yang sangat diterima oleh para penggunanya.

Ada beberapa alasan mengapa Spotlight mengalami perkembangan yang sangat pesat ini. Snapchat menggunakan sistem insentif yang mendorong para pengguna untuk membuat sebuah konten yang berkualitas. Tiap harinya, Snapchat membagikan $1 juta diantara para pembuat klip paling populer.

Dalam cuitan dari Snapchat di Januari 2021 kemarin, Snapchat menyatakan bahwa lebih dari 2.000 snapchatter telah mendapatkan kurang lebih $ 42 juta sejak awal peluncuran Spotlight. Tidak mengherankan memang jika banyak para konten kreator beramai-ramai menggunakan Spotlight menjadi platform kreativitas mereka.

Dengan keberhasilan yang besar ini, masih belum bisa dipastikan apakah kebijakan insentif ini akan dipertahankan atau akan diubah. Perwakilan dari Snapchat sendiri mengatakan bahwa dengan berhasilnya kebijakan ini, akan ada berbagai potensi lain untuk memperluas peluang monetisasi di masa depan.

Perbandingan Dengan TikTok

Memang jika dibandingkan dengan total user dan popularitas dari TikTok, Snapchat masih kalah jauh, bahkan fitur pencarian di Spotlight tidak sedalam pencarian di TikTok, hal ini berimbas banyak user kesulitan mencari konten yang baru.

Sedangkan untuk perbandingan angka, TikTok mencatatkan 100 juta user di Amerika saja dan hanya dalam kurun waktu 1 bulan saja, dan total penggunanya ada di angka 700 juta pengguna seluruh dunia. Angka-angka ini dirilis oleh kantor berita CNBC pada bulan Agustus tahun 2020 kemarin. Bisa dibilang, Snapchat harus terus berbenah untuk mengejar ketertinggalan dari TikTok.

Oke itu tadi berita seputar Spotlight dari Snapchat, semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu semuanya ya. Jika kamu ada saran tentang aplikasi dan game yang ingin dibahas, kamu bisa berkomentar pada kolom dibawah ya, terima kasih!.

Sumber

  ⚡️ HUAWEI SUPER DEVICE! Melihat Kecanggihan Laptop Huawei Terbaru  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.