Kabar terbaru datang dari Spotify yang sedang menguji coba fitur live lyric. Ya, kelemahan Spotify sekarang ini adalah tidak ada lirik disematkan ketika kita menyetel sebuah lagu, padahal dulu fitur lirik ini sudah diperkenalkan tetapi entah mengapa fitur ini kembali hilang dan tidak disematkan kembali.

Baca Juga:

Terkadang banyak orang yang menyukai menyanyi sambil melihat live lyric dan berkaraoke ria, cuma keadaannya sekarang kita harus mencari terlebih dahulu lirik tersebut di Google dan membuat hal ini menjadi sama sekali tidak praktis. Nah, untuk mengatasi hal ini Spotify akan membuat fitur live lyric bagi beberapa user Spotify yang berada di Amerika.

Masih Dalam Tahap Uji Coba dan Belum Diperkenalkan Secara Global

Ya, karena fitur ini masih dalam tahap uji coba, maka dari itu hanya beberapa user di negara Amerika Serikat saja yang bisa mencoba fitur ini. Itupun juga terbatas dan tidak semua user Spotify bisa menikmatinya. Untuk fitur lirik ini sendiri, mereka telah bekerja sama dengan perusahaan data musik yaitu Musicmatch, jadi bisa disimpulkan database lagu dan lirik akan aman dan akurat.

Terkait dengan pengujian ini, Menurut dari situs Engadget pihak Spotify telah memberikan sebuah statement yang membenarkan uji coba tersebut. Hal ini sangat dibutuhkan oleh Spotify agar mereka bisa mendapatkan sejumlah feedback tentang pengalaman pemakaian fitur terbaru tersebut. Tetapi sayangnya, pihak Spotify tidak memberikan penjelasan lengkap terkait dengan uji coba secara lebih detail.

Fitur Lirik Sebenarnya Sudah Pernah Diterapkan

Seperti yang sudah disinggung diatas, bagi kamu pengguna setia Spotify pasti kamu juga pernah merasakan fitur lirik di Spotify sebelumnya kan?, dan fitur lirik ini sudah tersedia dari bulan Juni 2020. Fitur lirik ini juga bekerja sama dengan Musixmatch dan hampir tiap lagu pun disertakan lirik-liriknya secara akurat.

Akan tetapi fitur ini lantas menghilang begitu saja menjelang akhir tahun. Ada beberapa pihak yang bilang bahwa kontrak atau agreement Spotify dengan Musixmatch telah berakhir, dan hal inilah mengapa fitur lirik tidak diteruskan.

Setelah mereka mengakhiri kerja sama dengan Musixmatch, Spotify bekerja sama dengan Genius dan memunculkan sebuah fitur unik yang dinamakan Behind the Lyric. Fitur ini memang sangat unik, dimana ketika kamu mendengarkan sebuah lagu, maka ada sebuah fun facts yang berkaitan dengan lagu tersebut. Cuma tidak semua lagu mempunyai deskripsi Behind the Lyric.

Jika memang fitur Live Lyric ini memang akan menjadi fitur terbaru yang diperkenalkan oleh Spotify, maka kemungkinan besar Behind the Lyric akan dihilangkan secara permanen dari platform musik terpopuler ini. Masih belum ada penjelasan lebih lengkap mengenai kapan fitur ini akan diterapkan, dan jika diterapkan mungkin tidak akan langsung secara global dan menunggu waktu yang agak lama.

Oke itu tadi berita seputar Spotify, semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu semuanya ya. Jika kamu ada saran tentang aplikasi dan game yang ingin dibahas, kamu bisa berkomentar pada kolom dibawah ya, terimakasih!.

Sumber

  HP BATERAI BESAR SAMSUNG CUMAN 1 JUTAAN! 🔥🔥  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.