Kabar terbaru datang dari Microsoft yang sedang mencoba mengakusisi salah satu platform sosial media populer Pinterest. Banyak pihak yang menggadang-gadang akusisi ini menjadis salah satu akusisi terbesar tahun ini, akan tetapi sepertinya proses akusisi masih mentok dan belum berjalan dengan lancar.

Baca Juga:

Seperti yang diberitakan dari situs Financial Times, Microsoft baru-baru ini mencoba mendekati Pinterest untuk membahas mengenai kesepakatan akusisi. Sampai berita ini turun, masih belum ada perkembangan aktif yang menuju ke arah “deal”. Tetapi banyak pakar percaya bahwa langkah ini semakin dipercaya sebagai rencana pertumbuhan Microsoft untuk menguasai teknologi khususnya media sosial.

Microsoft Ingin Membeli Pinterest

Masih dalam laporan Financial Times, sudah beberapa kali Microsoft memberikan tawaran untuk membeli Pinterest. Pinterest sendiri mempunyai value sekitar $51 miliar, dan market valuenya sendiri telah naik 600% akibat pandemi Covid-19 yang membuat orang-orang sering online selama lockdown.

Langkah ini dipercaya akan membuat Pinterest menjadi lebih berkembang, apalagi Microsoft bukan pertama kalinya membeli sebuah sosial media. Tercatat pada tahun 2016 Microsoft mengakusisi LinkedIn dalam kesepakatan yang bernilai $26 miliar, lalu diikuti dengan pembelian Github dengan nilai total $7,5 miliar di tahun 2018.

Belum lagi banyak akusisi yang dilakukan Microsoft di luar sosial media, contohnya pembelian Minecraft seharga $2,5 miliar di tahun 2014, dan yang terbaru adalah akusisi Bethesda yang bernilai $7,5 miliar. Seperti yang kita tahu Bethesda merupakan salah satu developer yang seringkali membuat game-game yang berkualitas dan berating tinggi.

Jika memang Pinterest dan Microsoft telah resmi menjalin kesepakatan, maka bisa dibilang ini adalah akusisi terbesar yang dilakukan oleh Microsoft.

Mengapa sih Microsoft Ingin Membeli Banyak Perusahaan Teknologi?

Entah apa yang ingin dilakukan Microsoft untuk melakukan pembelian secara besar-besaran . Tetapi beberapa pakar mengatakan bahwa langkah akusisi platform lain, seperti Pinterest misalnya adalah sebuah tiket ke data untuk layanan Microsoft lainnya.

Banyaknya volume data yang dihasilkan oleh platform seperti ini, akan menjadikan mereka alat yang sempurna untuk melatih teknologi AI-nya. Selain itu, mengambil dan mengelola layanan online yang mempunyai basis besar seperti Pinterest juga bisa berfungsi sebagai iklan untuk platform Azurenya Microsoft.

Sungguh menarik memang jika melihat 4 perusahaan big tech seperti Microsoft, Apple, Facebook, dan Google saling bersaing. Tetapi ini juga bisa mematikan persaingan di platform-platform yang lebih kecil karena mereka mempunyai sumber daya yang tak terbatas, dan Amerika sendiri harus membuat sebuah aturan yang tegas untuk meminimalisir hal tersebut.

Lalu, bagaimana pendapat kamu tentang akusisi Pinterest di tangan Microsoft ini?. Tulis pendapat kamu pada kolom komentar dibawah ini ya, semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu semuanya, terima kasih!.

Sumber

  ⚡️ OPPO Reno6 Indonesia: Unboxing + Hands on!  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.