Rupanya teks sudah bukan lagi sarana utama bagi platform media sosial sekarang ini. Terbukti, platform sekelas Twitter pun mulai melirik fitur voice sebagai sarana utama. Setelah mengenalkan fitur Spaces di bulan Januari lalu, kini mereka telah menguji fitur terbaru yaitu Voice DM, bahkan Voice DM ini bisa merekam suara hingga 140 detik!.

Baca Juga:

Tetapi fitur ini baru bisa diakses hanya di 3 negara saja yaitu India, Jepang, dan Brazil. Karena fitur ini masih dalam tahap eksperimen, fitur ini kemungkinan besar akan diluncurkan secara bertahap.

Menyelami Fitur Voice DM

https://twitter.com/TwitterIndia/status/1361900922465644544

Twitter terus memperluas cakupannya di luar percakapan berbasis teks. Voice tweet menjadi sebuah fitur pertama yang diperkenalkan oleh Twitter, selanjutnya ada Spaces yang cara kerjanya mirip dengan aplikasi yang viral saat ini yaitu Clubhouse, dan terbaru adalah fitur Voice DM ini.

Seperti yang dilansir dari Twitter India, para pengguna Twitter sekarang dapat merekam pesan suara di DM. Karena fitur ini masih diluncurkan secara bertahap, maka beberapa pengguna mungkin tidak dapat memanfaatkan fitur ini untuk waktu yang lama.

Cara menggunakannya pun cukup mudah, kamu tinggal membuka DM dan menekan ikon Soundwave di sisi kanan kotak pesan. Para pengguna kemudian dapat merekam pesan suara dan memutarnya kembali kemudian mengirimkan hasil rekaman tersebut.

Voice messages tersebut akan dibatasi 140 detik saja yang mungkin tidak cukup lama untuk penjelasan yang berkepanjangan. Sebaliknya, voice message ini sebenarnya sangan cukup untuk membuat pernyataan singkat seperti batasan karakter yang ditempatka Twitter di Tweet.

Fitur ini nantinya akan tersedia di platform mobile saja yaitu di iOS dan Android. Sedangkan untuk versi desktopnya akan ada beberapa batasan fungsionalitas. Para pengguna hanya dapat mendengarkan voice messages tersebut, tetapi tidak bisa merekam suara.

Alternatif Baru Dalam Komunikasi di Twitter

Seperti yang dibahas di awal, Twitter sebenarnya sudah mulai terlebih dahulu mencoba voice tweet di tahun 2020 kemarin, dimana user dapat merekam sebuah tweet dan mengirimkannya feed. Cuma hingga sekarang voice tweet ini belum bisa dirasakan di platform Android, dan belum tahu kapan Twitter akan resmi memperkenalkannya di platform ini.

Melihat banyaknya respon positif akan voice tweet ini, Twitter telah mengembangkan fitur Spaces pada bulan Januari lalu, dimana cara kerja Spaces ini amat mirip dengan aplikasi yang viral saat ini yaitu Clubhouse. Pengembangan ini benar-benar serius, dimana Twitter sampai mengakusisi aplikasi khusus podcast yaitu Breaker. Hingga sekarang Spaces pun masih dalam tahap beta dan aksesnya pun terbatas di beberapa user saja. Masih belum diketahui kapan Spaces ini akan diluncurkan ke publik.

Terbaru adalah fitur Voice DM ini, dan tentunya memang agak terlambat karena Instagram terlebih dahulu mengembangkan dan menyematkannya. Akan tetapi ini adalah hal yang bagus karena Twitter memang serius untuk mengembangkan cara baru berkomunikasi di platformnya.

Clubhouse vs Facebook vs Twitter

Nah, menarik kita tunggu siapa yang bisa menguasai lahan pasar room voice di platform Android saat ini. Clubhouse memang terlebih dahulu mengenalkan fiturnya, tetapi pengaksesan pun terbatas di user iOS saja. Facebook dan Twitter pun masih dalam tahap pengembangan yang entah kapan mereka akan meluncurkannya secara resmi.

Tetapi satu yang pasti lahan room voice di Android jelas baru dan bisa menjadi ladang profit yang sangat besar. Siapa yang terlebih dahulu mendapatkan dan menguasai lahan tersebut, tentu dia akan mendapatkan keuntungan yang masif. Menarik untuk kita simak persaingan 3 perusahaan ini di lini sosial media voice room.

Oke itu tadi berita seputar update Twitter, semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu semuanya ya. Jika kamu ada saran tentang aplikasi dan game yang ingin dibahas, kamu bisa berkomentar pada kolom dibawah ya, terima kasih!.

Sumber

  HP LOKAL INI MULAI BERANI NANTANG XIAOMI..!! πŸ”₯πŸ”₯  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.