Sekitar bulan Januari lalu YouTube telah mengenalkan sebuah metode terbaru untuk monetisasi, termasuk memberikan fitur live stream dan sistem belanja yang terintegrasi. Fitur ini memang dirancang untuk membantu para kreator untuk tetap mendapatkan pendapatan di fitur streams mereka.

Baca Juga:

YouTube Memfasilitasi Sebuah Bisnis

Seperti yang dilansir dari YouTube blog, YouTube telah menginvestasikan lebih dari $30 juta di tiga tahun terakhir lewat program partner program. Jadi pendapatan para kreator tidak terbatas lewat iklan saja. Para kreator YouTube dapat mendapatkan uang dengan berbagai banyak cara, termasuk dengan channel membership dan live stream eksklusif.

Masih dalam postingan di blog tersebut, Neal Mohan selaku Chief Product Officer YouTube, telah menyorot beberapa kisah sukses, contohnya Anna Yakimenko, konsultan mode yang berasal dari Rusia yang telah melipatgandakan penghasilannya di YouTube sejak meluncurkan membership channel. Dan sekarang YouTube akan menambah cara baru untuk membantu para kreator memonetize karya mereka.

Cara Baru Lewat Live Stream

Fitur terbaru adalah applause fitur yang memungkinkan para viewers melihat dan mendukung ketika livestream. Para viewer tersebut, bisa membeli animasi tepuk tangan ke para streamer di dalam video tersebut. Kamu pun bisa membeli empat animasi tepuk tangan yang berbeda, tiap animasi mempunyai desai yang rumit, lebih mewah dan tentu saja lebih mahal dari series yang terdahulu.

Cuma fitur ini masih terbatas di daerah-daerah tertentu seperti Australia, Brazil, India, dan Amerika Serikat. Selain itu, fitur ini hanya tersedia di para kreator terpilih dan sangat terbatas, dan kemungkinan besar fitur live stream eksklusif ini akan diperkenalkan ke lintas global.

Belanja Ketika Menonton

Masih dalam blog dari YouTube, yang mana kebiasaan berbelanja sekarang telah bergeser ke pasar digital, dan YouTube ingin memaksimalkan hal tersebut. Itulah mengapa YouTube sedang mengetes fitur baru yang mengintegrasikan pengalaman berbelanja. Ketika kamu menonton sebuah video, kamu bisa membeli barang yang menjadi unggulan di dalamnya tanpa sekalipun meninggal aplikasi YouTube.

Ini jelas langkah yang sangat bijak diambil oleh YouTube, karena pertimbangan berapa banyak video yang mereview sebuah produk seperti unboxing, ulasan, demonstrasi, dan lain-lain. Jika para viewer diberi sebuah insentif untuk melakukan pembelian, dan dapat melakukan pembelian tersebut hanya dalam beberapa tap saja dari video tersebut, jelas akan sangat memanjakan para pembeli, begitu juga oleh para kreator video tersebut.

Tetapi masih belum ada berita resmi dari YouTube apakah fitur ini akan diluncurkan di tahun ini atau tahun depan. Tetapi melihat perkiraan dari para pemerhati teknologi, sangat besar kemungkinan tahun ini fitur tersebut bisa diluncurkan.

Semakin Kreatif, Semakin Banyak Uang yang di Dapat

Jelas, dengan adanya fitur-fitur baru yang diperkenalkan YouTube ini, para YouTuber bisa lebih kreatif dalam mengembangkan bisnis dan hasil karyannya. Ini juga sangat beralasan karena mereka bisa memanfaatkan lini lainnya dan tidak bergantung pada ad-sense saja. Semoga saja dengan adanya fitur-fitur ini kita bisa melihat YouTube menjadi lebih kreatif daripada sebelumnya.

Lantas, bagaimana pendapat kamu tentang update YouTube kali ini?. Tulis pendapat kamu pada kolom komentar di bawah ini ya, semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu semuanya, terima kasih!.

Sumber

  Laptop Terbaik untuk Desain Grafis, Creator, dll..?? 🔥🔥  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.