Instagram kembali membuktikan bahwa mereka merupakan platform media sosial paling ramah untuk semua penggunanya. Instagram sedang mengembangkan sebuah fitur yang ditanam Stories mereka, yang memungkinkan mentranskripsikan apa yang dibicarakan dalam stories tersebut bisa menjadi sebuah teks. Jelas hal ini sangat membantu apalagi jika ada user Instagram yang mengalami permasalahan dalam pendengaran mereka.

Baca Juga:

Transkripsi Stories Menjadi Fitur Terbaru Instagram

Update ini dibocorkan oleh seorang konsultan sosial media yang bernama Matt Navara, dan Matt membagikannya langsung ke akun Twitter pribadinya. Ia mengatakan bahwa sekarang (atau nantinya) kamu dapat memberiks ebuah teks otomatis pada video pendek di stories kamu dengan style yang berbeda.

https://twitter.com/i/status/1369351891445030918

Jadi fitur auto caption ini bisa temukan di beranda yang sama dengan fitur stiker di instagram. Tetapi bukannya menaruh atau menempelkan stiker, fitur auto caption ini akan secara otomatis mengubah suara kamu menjadi sebuah teks.

Cara mengaksesnya pun sangatlah mudah, kamu tinggal tekan ikon stiker seperti yang biasanya kamu lakukan. Lalu kamu cari ikon “Captions” di bar pencarian, dan kamu akan menemukan sebuah opsi yang bernama “CC Captions”.

Setelah kamu memilih stiker CC Captions tersebut, Instagram akan secara otomatis mentranskripsikan audio di story kamu. Instagram sendiri akan memberikan sebuah opsi style tulisan yang bisa kamu pilih, termasuk typewriter-style teks, atau style tulisan yang lebih tebal.

Navarra sendiri mengatakan bahwa fitur auto-captioning ini bekerja dengan sangat akurat, dan memang ada beberapa kata yang seringkali salah di definisikan seperti contohnya “finally” yang dibaca “find”.

Dengan adanya fitur auto caption ini, jelasa akan membuat Instagram menjadi sebuah sosial media yang bisa diakses semua kalangan, termasuk para user yang mengalami kesulitan pendengaran. Sebagai tambahan, aplikasi ini juga sangat menguntungkan para user yang lebih suka menonton video tanpa suara.

Kapan Fitur Auto Caption ini Dirilis?

Instagram sendiri belum membuat pernyataan tentang kapan tepatnya fitur ini akan diluncurkan. Jadi, mungkin akan memerlukan waktu hingga fitur auto caption ini akan muncul di aplikasi Instagram.

Fitur auto-caption atau sejenisnya bukan sebuah fitur baru di platform sosial media. Twitter pun sudah berjangi akan menyematkan fitur auto transkripsi ini, akan tetapi hingga sekarang fitur tersebut masih dalam tahap finalisasi dan entah kapan akan dirilis secara resmi di platform mereka.

Instagram Makin Mudah Diakses

Sangat penting memang untuk para platform sosial media seperti Instagram untuk membuat fitur aksesbilitas seperti ini. Jika mereka gagal menyertakan fitur tertentu seperti contohnya auto caption ini dan opsi teks enlargement, maka akan sangat mempersulit para pengguna disabilitas untuk mengakses hal tersebut.

Bisa dibilang Instagram melakukan pengembangan kearah yang benar kali ini dalam konteks aksesbilitas. Semoga saja, Instagram dan Twitter merilis fitur ini lebih cepat dan membuat sosial media mereka lebih ramah bagi semua orang tanpa terkecuali.

Lalu bagaimana pendapat kamu tentang Instagram ini?. Tulis pendapat kamu pada kolom komentar dibawah ini ya, semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu semuanya, terima kasih!.

Sumber

  ⚡️ Huawei Watch Fit Elegant Edition! Apa yang Baru..??  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.