Kabar terbaru datang dari Google yang sedang menguji fitur terbaru di platform Google Message mereka. Fitur ini nantinya akan mempunyai kemampuan untuk menghapus pesan One Time Password (OTP) yang memang harusnya tidak perlu bertahan lama di smartphone. Selama lebih dari 24 jam pesan OTP tersebut akan langsung terhapus, dan kita tidak perlu lagi repot-repot menghapus pesan OTP itu.

Baca Juga:

Otomatis Menghapus Pesan OTP di Google Messages

Seperti yang dinukil dari situs XDA Developers, pada versi beta dari Google Messages ini akan menghadirkan kemampuan untuk menemukan dan menghapus pesan OTP secara otomatis di smartphone kamu.

Ini jelas akan mempermudah dan mengurangi kerumitan kita untuk menghapus pesan tersebut secara manual yang pastinya sangat melelahkan. Kabar yang beredar menyatakan bahwa, meskipun fitur ini masih dalam tahap beta, tetapi tidak lama lagi fitur ini akan dirilis di versi terbaru dari Google Messages nantinya.

Bagaimana Cara Kerja dari OTP Auto-Delete ini?

Pada zaman sekarang ini, pastinya ada banyak banget aplikasi atau website yang akan mengirimkan OTP untuk mengkonfirmasi identitas kamu. Banyak dari kita mungkin mengabaikan pesan ini dan tidak menghapusnya, hal inilah yang menjadikan pesan OTP menjadi menumpuk di smartphone kita.

Padahal idealnya pesan OTP ini tidak perlu lama-lama ada di smartphone kita, tetapi karena belum ada teknologi yang sekiranya bisa menghapus pesan ini secara otomatis. Tetapi Google telah memecahkan permasalahan ini dan akan memberlakukan fitur ini di versi Google Messages yang akan datang.

Dengan menggunakan fitur auto delete, kamu dapat mengizinkan Google Messages untuk mendeteksi dan menghapus pesan OTP dari smartphone kamu secara otomatis. Pesan tersebut akan dihapus setelah 24 jam setelah kamu menerimanya, dan tentunya waktu ini adalah waktu yang banyak untuk mengkonfirmasi password kamu.

Bagaimana Cara Mengaktifkan OTP Auto Deletion di Google Messages?

Kamu akan memiliki sebuah tombol atau toggle untuk mengaktifkan dan menonaktifkan fitur penghapusan OTP secara otomatis ini. Kamu juga tidak akan dipaksa untuk menggunakan fitur tersebut jika memang kamu tidak tertarik dengan fitur itu.

Untuk menggunakan fitur ini, kamu perlu membuka aplikasi Google Messages, dan tap ke bagian settings. Lalu kamu buka menu Message Organization, dan nyalakan opsi Auto Delete OTPs after 24 hrs. Dan kamu sudah mengaktifkan fitur auto delete OTP ini.

Sebaliknya jikalau kamu tidak tertarik dengan fitur ini, kamu bisa kok mengabaikannya. Tentunya notif ini tidak akan muncul lagi ke kamu jika kamu mengabaikannya di pemberitahuan yang pertama.

Selain itu, ada sebuah fitur lagi yang diperkenalkan oleh Google yaitu opsi penyortiran yang baru. Dengan fitur itu, kamu bisa mengurutkan pesan teks kamu berdasarkan OTP, jelas ini akan mempermudah akses cepat semua pesan kamu yang berisikan password sekali pakai.

Selamat Tinggal Password OTP!

Seperti yang dibahas diatas, seharusnya password OTP tidak seharusnya berada di dalam smartphone kita selamanya. Dengan fitur OTP auto delete ini jelas akan membuat pesan di Messages kamu akan lebih rapih dan tidak akan ada pesan yang berisikan OTP. Dengan 24 jam masa OTP sebelum dihapus tersebut, bisa dikatakan itu adalah waktu yang sangat cukup untuk mengkonfirmasi masuk ke sebuah akun.

Lalu bagaimana pendapat kamu tentang update Google Messages ini?. Tulis pendapat kamu pada kolom komentar dibawah ini ya, semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu semuanya, terima kasih!.

Sumber

  HP LOKAL INI MULAI BERANI NANTANG XIAOMI..!! 🔥🔥  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.