Kabar terbaru datang dari media streaming terpopuler dan terbesar saat ini yaitu YouTube yang resmi mengenalkan fitur Check. Dengan fitur check ini akan membantu para konten kreator untuk membantu mengecek kelayakan copyright ketika proses pengupload-an berlangsung.

Baca Juga:

YouTube sebagai layanan berbagi video memang memungkinkan semua orang untuk membuat sebuah konten dan mengunggahnya agar dunia bisa melihat video tersebut. Tetapi ini juga seperti pisau bermata dua, meskipun ini adalah hal yang bagus ini juga memudahkan orang untuk mengupladi dan berbagi konten yang sebenarnya bukan milik mereka.

Google sangat menyadari betap besarnya kerugian hal semacam ini, dan tentunya mereka telah mengambil segala macam cara untuk mengurangi pembajakan seperti ini. Terbaru Google telah mengenalkan fitur Checks, dimana fitur ini akan memeriksa pelanggaran copyright sebelum video tersebut benar-benar dipublikasikan, selain itu fitur ini juga dapat mencegah penggunaan video yang dicuri secara tidak bertanggung jawab.

Fitur Check yang Menjadi Jagoan Baru YouTube

Seringkali YouTube membuat kesalahan terkait kebijakan copyright ini, terutamanya ketika mereka sudah mengupload sesuatu ketika selesai video tersebut di takedown oleh pihak YouTube karena masalah copyright. Dengan fitur checks ini nantinya ketika proses uploading, maka semua permasalahan copyright akan terselesaikan.

https://twitter.com/MattNavarra/status/1371806470929575942

Jika memang nantinya akan bermasalah dengan copyright maka video tersebut tidak akan bisa diupload, dan video tersebut harus memenuhi standar yang ditentukan oleh Check tersebut. Tetapi ketika video tersebut lolos dari Check, maka video tersebut dipastikan aman dari segala macam copyright.

Tentu saja ini bukanlah sistem yang sempurna pastinya akan ada kesalahan yang luput dari algoritma dari Checks. Tetapi yang jelas, ini adalah sebuah peningkatan yang besar, dan para konten kreator pun tak perlu waswas dengan tiba-tiba videonya kena takedown masalah copyright.

Apakah Checks Bisa Menekan Angka Pelanggaran Hak Cipta?

Memang, untuk permasalahan ini harusnya kita menunggu evaluasi beberapa bulan ke depan. Tetapi melihat potensi yang dikeluarkan oleh Checks ini jelas akan membuat angka pelanggaran hak cipta bisa sedikit ditekan, minimal di sisi konten kreatornya pun mendapatkan sebuah peringatan dan cek ulang ketika tidak diterima oleh fitur Check ini.

Yang jelas, ini adalah sebuah kabar bagus apalagi bagi para konten kreator yang sering banget kontennya di ambil oleh orang yang tidak bertanggung jawab dan mencari uang ad-sense dari konten yang bukan hak-nya.

Oke itu tadi berita seputar media streaming YouTube, semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu semuanya ya. Jika kamu ada saran tentang aplikasi dan game yang ingin dibahas, kamu bisa berkomentar pada kolom dibawah ya, terima kasih!.

Sumber

  ⚡️ Huawei Watch Fit Elegant Edition! Apa yang Baru..??  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.