Sepertinya sosial media yang lagi populer saat ini yaitu Facebook sedang galak-galaknya. Ini terbukti setelah mereka mengancam grup-grup yang ada di platformnya untuk tunduk pada peraturan yang dibuat, jika memang grup tersebut terbukti melanggar maka Facebook akan memberikan sebuah hukuman secara bertahap sampai grup tersebut dihapus secara permanen!.

Baca Juga:

Facebook Akan Terus Menindak Grup-Grup yang Bermasalah dan Berbahaya

Seperti yang dilansir dari blog resmi dari Facebook, awalnya Facebook akan menampilkan sebuah pemberitahuan atau prompt kepada para pengguna jika mereka telah bergabung pada grup yang telah berulang kali melanggar standar komunitas Facebook.

Akan ada dua opsi yang ditawarkan pada prompt ini antara lain Tinjau Grup dan Gabung Dengan Grup. Dengan fitur prompt ini akan memberikan para pengguna sebuah kesempatan untuk mempertimbangkan kembali bergabung dengan grup tersebut.

Selain itu, Facebook juga akan membatasi notifikasi undangan untuk grup ini. Hal ini berfungsi untuk mengalangi para pengguna untuk bergabung dengan grup yang bermasalah tersebut. Tidak hanya itu, berita atau konten yang diposting dalam grup tersebut akan muncul dibawah sebuah feeds, jadi kemungkinan terbacanya konten tersebut sangatlah rendah dan sulit untuk ditemukan.

Jika sejumlah besar anggota dalam grup tersebut terbukti melanggar standar komunitas yang diterapkan Facebook, maka moderator dan admin grup berhak untuk memilah postingan sebelum diterbitkan. Dan kalau moderatornya terus menyetujui postingan yang melanggar kebijakan Facebook, maka Facebook akan menghapus grup tersebut secara permanen.

Facebook juga akan meminta pertanggungjawaban pada anggota grup tersebut. Jika anggota grup tersebut melanggar aturan Facebook secara berulang-ulang, makaa mereka tidak akan dapat memposting atau berkomentar di grup manapun di dalam Facebook. Parahnya lagi pengguna tersebut juga akan dilarang membuat grup baru atau mengundang pengguna lain ke grup.

Facebook Memerangi Grup Radikal yang Ada di Dalamnya

Bisa disimpulkan, bahwa Facebook memang benar-benar serius untuk membersihkan platformnya dari grup-grup radikal. Bahkan ada sebuah penelitian yang mengatakan bahwa Facebook merupakan sumber dari berita-berita misinformasi atau hoax. Jadi tidak salah mereka melakukan hal seperti ini untuk memberantas grup-grup yang seringkali disalah gunakan untuk membagikan misinformasi tersebut.

Ini berawal dari banyak hoax terkait dengan pandemi Covid-19 yang melanda di seluruh dunia. Pihak Facebook pun mengambil tindakan tegas dengan menghentikan rekomendasi kepada grup-grup kesehatan. Pada akhir 2020 pun Facebook menghentikan rekomendasi grup yang berafiliasi ke politik, yang bertujuan untuk mengurangi misinformasi terkait pemilu Amerika. Terbaru mereka juga tegas untuk menghapus postingan-postingan terkait vaksinasi.

Bisakah Cara ini Menghentikan Pergerakan Grup-Grup Berbahaya?

Facebook sendiri menyatakan bahwa perubahan-perubahan yang dilakukan akan mulai berlaku pada bulan depan dan diberlakukan secara global. Tetapi pertanyaanya adalah apakah cara ini efektif untuk menghentikan grup-grup tersebut?.

Mungkin cara ini bisa dibilang sangat efektif, meskipun Facebook tidak bisa menarik semua konten berbahaya yang telah disebarkan sebelumnya, setidaknya mereka bisa menekan angka penyebarannya untuk masa mendatang. Jadi, bisa disimpulkan jika Facebook memang sedang sangat galak dan tidak main-main seputar penyebaran misinformasi yang seringkali dilakukan grup-grup yang tidak bertanggung jawan di dalam platform sosial medianya.

Oke itu tadi berita seputar sosial media Facebook, semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu semuanya ya. Jika kamu ada saran tentang aplikasi dan game yang ingin dibahas, kamu bisa berkomentar pada kolom dibawah ya, terima kasih!.

Sumber

  ⚡️ Huawei Watch Fit Elegant Edition! Apa yang Baru..??  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.