Google sedang membuat sebuah terobosan dengan membuat optimasi data pada aplikasinya. Nantinya, ukuran aplikasi Android akan dibuat sekecil mungkin tanpa mengurangi kualitas dari aplikasi tersebut. Untuk mensukseskan hal ini, Google telah mengumumkan sebuah pengoptimalan data ketika pemasangan aplikasi dengan menggunakan data crowdsourced yang berfungsi membuat unduhan aplikasi sekecil mungkin.

Baca Juga:

Pengoptimalan Pemasangan Aplikasi di Google Play

Google telah menjelaskan hal ini di situs resmi mereka, dan menjelaskan langkah-langkah apa saja dan bagaimana cara kerjanya. Pada dasarnya, Google sedang mencoba untuk mempelajari bagian mana dari aplikasi yang penting bagi mayoritas penggunanya, dan ukuran download-an aplikasi di masa mendatang hanya akan mendownload bagian-bagian penting tersebut.

Jika nantinya kamu memerlukan akses untuk mendownload part-part lain, maka kamu akan mendapatkan sebuah opsi untuk mendownload aplikasi tersebut dengan penuh.

Pengumpulan Data dan Informasi

Ketika kamu menyalakan App Install Optimization di perangkat android kamu, maka Google akan mengumpulkan beberapa data dari smartphone kamu. Data ini akan dimasukkan ke dalam database App Install Optimization untuk membuat unduhan aplikasi di masa mendatang akan terjadi lebih cepat.

Lalu apakah data privasi kita akan diambil juga?. Google menyatakan bahwa mereka tidak akan mengambil sedikit pun data informasi personal kamu, contohnya seperti nama atau alamat e-mail. Google juga tidak akan melihat item-item lain yang kamu punya di perangkat kamu. Jadi bisa dibilang data pribadi kamu akan benar-benar aman.

Data yang diambil ini akan digunakan untuk pertama adalah mempercepat penginstalan aplikasi dari Google Play, Kedua untuk mengurangi waktu yang diperlukan untuk membuka dan menjalankan aplikasi, dan terakhir mengurangi beban pada CPU, baterai dan storage perangkat smartphone kamu.

Bagaimana Cara Mengaktifkan Fitur ini?

Untuk sekarang opsi optimasi ini masih belum ada di versi Google Play yang sekarang, tetapi pembaruan ini bisa muncul kapan saja, entah dalam waktu dekat maupun waktu yang lama. Untuk mengaktifkannya pun sangat mudah, pertama kamu harus mengupdate layanan Google Play kamu terlebih dahulu, buka aplikasi Google Play. Tap menu tiga titik di bagian atas kanan dan pilih settings. Nyalakan App Install Optimization. Kamu pun bisa menonaktifkannya di menu yang sama.

Aplikasi Lebih Kecil Tapi Data Download Aplikasi Lebih Besar

Jelas ini adalah sebuah terobosan yang sangat bermanfaat yang dilakukan oleh Google. Memang download dan membuka aplikasi akan lebih cepat daripada yang sebelumnya, ini memang sangat bermanfaat bagi aplikasi yang mempunyai data lumyan kecil.

Akan tetapi ini juga menjadi permasalahan yang besar jika kita mendownload sebuah game yang besar contohnya PUBG. Memang package download PUBG sudah lebih kecil daripada awal perilisan yang hingga 1 GB lebih menjadi sekitar 650 MB saja. Cuma download packagenya tentu akan lebih besar lagi, dan package downloadnya sendiri mungkin akan lebih membengkak daripada sebelumnya, Jadi kamu harus lebih aware ke storage kamu ya, terlebih lagi ketika kamu mendownload game-game besar di smartphone kamu.

Oke itu tadi berita seputar App Install Optimization di Google Play, semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu semuanya ya. Jika kamu ada saran tentang aplikasi dan game yang ingin dibahas, kamu bisa berkomentar pada kolom dibawah ya, terima kasih!.

Sumber

  HP LOKAL INI MULAI BERANI NANTANG XIAOMI..!! 🔥🔥  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.