Menurut aku pribadi, mendengarkan sebuah musik adalah sebuah pengalaman yang sangat pribadi dan privasi. Banyak orang mengatakan bahwa kepribadian orang berbanding lurus dengan jenis musik apa yang didengarkan. Memang belum ada bukti ilmiah untuk membuktikan hal tersebut, tetapi yang jelas mendengarkan sebuah lagu atau musik adalah cara kita mengekspresikan diri sendiri.

Baca Juga:

Mungkin ada diantara kamu yang suka membuat sebuah playlist dan membagikannya ke khalayak umum, dan jika ada orang lain yang suka dengan playlist kita tersebut, tentu akan menjadi sebuah kebanggan tersendiri karena selera musik kita dinilai tinggi. Tetapi ada tipe orang yang membuat sebuah playlist secara private memang hanya untuk merefleksikan dirinya sendiri.

Nah, Spotify merupakan media streaming musik yang sangat populer ini sangat pas untuk merefleksikan diri kamu. Kamu bisa membuat sebuah playlist sesuai dengan kamu suka, tentu saja kamu bisa membagikannya ke semua orang, atau mungkin kamu ingin playlist tersebut untuk diri kamu sendiri.

Sayangnya, hingga saat ini Spotify tidak memiliki sebuah tools untuk melindungi privasi kamu. Jelas ini adalah hal yang cukup fatal, apalagi jika kamu memang menyukai sebuah privasi. Sekarang, aku akan membagikan beberapa tips dan trik melindungi privasi kamu di media streaming Spotify, semoga tips dan trik ini bermanfaat untuk kamu semua.

Tips Pertama: Rubah Nama Display

Apa kamu tahu kalau Spotify tidak mengharuskan kamu untuk menampilkan nama asli ketika menggunakannya secara umum?. Nah, coba manfaatkan fitur ini secara maksimal, jika memang kamu menyukai membuat sebuah playlist secara anonim, kamu bisa merubah nama kamu menjadi samaran, panggilan, nama pena atau apapun. Bisa dibilang kamu tetap bisa membagikan sebuah playlist dengan lagu favorit kamu dengan kemampuan anonimitas. Untuk merubah nama display tersebut untuk versi Android, kamu tinggal tap ikon settings yang terletak di pojok kanan atas > lalu tap View Profile > Edit Profile. Dari situ kamu bisa bebas menaruh foto ataupun mengganti nama.

Tips Kedua: Bersihkan Riwayat Lagu yang Pernah Kamu Dengarkan

Seperti yang dibahas sebelumnya, banyak orang percaya bahwa kepribadian orang bisa dinilai dari jenis lagu apa yang mereka dengarkan. Kamu juga bisa menghapus atau malah menonaktifkan riwayat tersebut dengan tap Settings > tap menu Sosial > Matikan opsi toggle Recently Played Artist. Sesudah kamu memilih opsi ini, maka daftar artis yang baru-baru ini kamu dengar tidak akan muncul di profile kamu.

Tips Ketiga: Mendengarkan Secara Anonim

Jika pada tips pertama kamu bisa membagikan sebuah playlist dengan nama samaran kamu, untuk tips ketiga ini kamu bisa mendengarkan streaming lagu dengan anonim, dan tentunya semua informasi pribadi kamu akan disembunyikan. Untuk bisa menggunakan fitur ini, kamu tinggal tap Settings > masuk menu Sosial > dan nyalakan toggle Private Session. Setelah kamu mengaktifkan fitur ini, maka semua fitur Listening Activity akan dimatikan secara otomatis.

Tips Keempat: Buatlah Playlist Secara Private

Nah, ini sangat cocok bagi kamu yang doyan banget privasi. Kamu bisa banget membuat sebuah playlist entah apapun itu seperti lagu galau, lagu patah hati, lagu senang, yang hanya bisa kamu nikmati sendiri. Untuk menikmati fitur ini, kamu tinggal buat sebuah playlist> lalu pilih ikon titik tiga > dan pilih private dan kamu bisa menikmati playlist ini tanpa diketahui oleh orang lain.

Jika memang kamu suka membuat playlist secara private dan enggan buat mengatur settingan lagi, kamu bisa ke settings > Social > dan nyalakan opsi toggle Make my new playlist private.

Tips Kelima: Jangan Tautkan Dengan Facebook

Tentu saja ini hal perlu dan penting kamu lakukan, karena jika kamu menautkan ke Facebook maka apa yang kamu dengar pastinya akan tersiarkan di Facebook kamu. Jika kamu sudah terlanjur terkoneksi dengan Facebook, kamu tetap bisa menonaktifkannya kok, kamu cukup pergi ke Settings > Social > dan pilih Disconnect from Facebook.

Itu tadi tips dan trik seputar menjaga privasi di media streaming Spotify, dijamin kamu bisa menikmati Spotify tanpa harus mempublikasikan diri kamu di dunia maya.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu semuanya ya. Jika kamu ada saran tentang aplikasi dan game yang ingin dibahas, kamu bisa berkomentar pada kolom dibawah ya, terima kasih!.

  ⚡️ Huawei Watch Fit Elegant Edition! Apa yang Baru..??  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.