Jika kamu pengguna setia Cortana, mungkin kamu harus siap-siap ditinggal olehnya. Akhir Maret ini, kamu tidak akan bisa menggunakan Microsoft Cortana di smartphone kamu lagi. Sangat disayangkan tentu saja, padahal aplikasi virtual asisten ini mempunyai user yang cukup banyak.

Baca Juga:

Microsoft Mengakhiri Layanan Cortana Mobile

Microsoft memang sebelumnya telah mengumumkan rencana ini di akhir bulan Juli tahun lalu, dimana mereka akan mengakhiri layanan Microsoft Cortana di semua platform mobile. Cuma ketika itu, pihak Microsoft tidak memberikan tanggal pasti perihal kapan layanan tersebut diakhiri. Ternyata layanan ini diakhiri pada tanggal 31 Maret tahun ini.

Pengumuman ini telah disampaikan di situs layanan Microsoft. Jadi kita tahu mengapa banyak sekali muncul notifikasi pemberhentian layanan ketika kamu memakai Microsoft Cortana.

Jika kamu menggunakan Microsoft Cortana, mungkin kamu khawatir apa yang terjadi dengan data kamu ketika aplikasi ini berakhir. Untungnya, Microsoft sudah membuat sebuah pengaturan untuk memastikan kamu dapat mengakses semua item kamu ketika virtual asisten ini menghilang dari smartphone kamu.

Item-item ini akan menjadi seperti reminder dan daftar yang telah kamu buat akan tetap bisa diakses di Cortana versi Windows. Bisa dibilang, kamu hanya perlu masuk ke PC atau laptop dan kamu bisa memiliki akses ke semua item di Microsoft Cortana. Semuanya telah disinkronisasikan dengan Microsoft To-Do, yang mana hal ini lah yang mempermudah perpindahan data kamu.

Alternatif Pengganti Microsoft Cortana

Tentu saja, Cortanan merupakan aplikasi yang sangat bermanfaat dan mungkin akan dirindukan banyak penggunanya ketika resmi menghilang. Jika kamu mencari beberapa alternatif, ada sebuah alternatif yang bisa kamu pilih seperti Google Asisten contohnya. Bahkan Google Asisten mengalami banyak perubahan loh, pastinya akan jauh lebih powerful dan membantu daripada versi sebelumnya.

Jika memang kamu tidak menyukai layanan Google Asisten, mungkin kamu bisa memilih aplikasi virtual asisten yang lain. Ada banyak aplikasi layanan virtual asisten di Google Play, dan mungkin salah satu diantaranya cocok dengan kamu.

Oke itu tadi berita seputar Microsoft Cortana, semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu semuanya ya. Jika kamu ada saran tentang aplikasi dan game yang ingin dibahas, kamu bisa berkomentar pada kolom dibawah ya, terima kasih!.

Sumber

  ⚡️ OPPO Reno6 Indonesia: Unboxing + Hands on!  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.