via Engadget

Smartphone layar lipat generasi baru Samsung, Galaxy Z Fold 3 kembali diisukan memiliki S Pen yang merupakan ‘senjata’ khas Galaxy Note. Tapi kehadiran S Pen di Galaxy Z Fold 3 ini akan mirip seperti di Galaxy S21 Ultra.

Rumor terbarunya Galaxy Z Fold 3 akan memiliki dukungan pena stylus S Pen. Ini artinya layar Galaxy Z Fold 3 dilengkapi dengan digitizer yang tertanam, sehingga dapat merespon input sentuhan dari pena stylus. Sebelumnya S Pen absen di Galaxy Z Fold 2 karena masalah digitizer yang sulit dibawa ke layar fleksibel.

Baca juga:

Layar Galaxy Z Fold 3 ini tetap diberi lapisan ultra thin glass (UTG) layaknya Galaxy Z Fold 3. Agar digitizer bisa bekerja dengan baik, kaca UTG tersebut bakal dibuat lebih tipis lagi sehingga tidak mengganggu sentuhan pena.

Hanya saja pena S Pen di Galaxy Z Fold 3 ini hanya sebatas dukungan saja. Pengguna smartphone foldable ini harus membeli S Pen secara terpisah sebab Samsung tak menyertakannya. Selain itu Galaxy Z Fold 3 juga tak menyediakan slot dedicated khusus untuk menaruh S Pen dalam bodi smartphone.

Ini artinya pengguna harus menyimpan dan menjaga S Pen lebih ekstra lagi, lantaran lebih mudah hilang ataupun rusak. Tapi Samsung rencananya juga akan membuat aksesori case khusus dengan tambahan slot S Pen, seperti yang ada di Galaxy S21 Ultra, dan dijual terpisah.

Tiadanya slot S Pen khusus ini karena Galaxy Z Fold 3 bakal mendukung sertifikasi tahan air dan debu seperti smartphone flagship Samsung lainnya, disamping juga karena minimnya ruang untuk membuat slot ini.

S Pen Pro yang diluncurkan saat rilis Galaxy S21 Ultra beberapa waktu lalu dikabarkan juga mendukung Galaxy Z Fold 3. S Pen Pro ini memiliki kemampuan Bluetooth LE, sehingga dapat digunakan untuk Air Action maupun Air Gesture.

Rumornya sendiri Galaxy Z Fold 3 akan memasuki fase produksi pada Juni mendatang, dan akan diluncurkan pada sekitar bulan Juli atau Agustus.

via SamMobile, Naver

  HP LOKAL INI MULAI BERANI NANTANG XIAOMI..!! πŸ”₯πŸ”₯  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.