Gak bisa dipungkiri terkadang iOS mencontek desain serta fitur yang sudah tertanam di Android dan hal ini juga berlaku untuk Android yah gaes. Pasalnya, hari ini kita mendapatkan detail terbaru terkait fitur Hibernasi yang pada bulan Januari lalu pernah DroidPoin bahas.

Berdasarkan keterangan dari XDA-Developer, fitur hibernasi di Android 12 bekerja dengan cara yang mirip seperti pada aplikasi yang izinnya dicabut (apabila tidak pernah digunakan dalam waktu yang cukup lama). Pihak XDA-Developer menambahkan bahwa izin tersebut akan dicabut apabila dalam kurun waktu 3 bulan pengguna tidak menggunakan aplikasi tersebut sama sekali.

via XDA-Developer

Saat dinyatakan sudah tidak lagi digunakan atau aplikasi tersebut masuk ke dalam mode hibernasi, izin aplikasi akan dicabut demi keamanan pengguna dan nantinya berbagai pemberitahuan (mis. notifikasi) akan dinonaktifkan agar dapat menghemat baterai, lalu file sementara (cache dan sejenisnya) akan dihapus dari perangkat agar tersedia ruang kosong. Memang belum begitu jelas seperti apa cara kerjanya, tetapi dari DroidPoin cukup yakin jika nantinya aplikasi yang masuk ke dalam mode hibernasi ini dapat diaktifkan kembali dengan sangat cepat, karena jika tidak seperti itu maka fitur ini sama saja seperti menguninstal aplikasi pada umumnya.

Jadi kesimpulannya, mode hibernasi di Android 12 sepertinya bakal mirip seperti fitur hibernasi di iOS, dimana aplikasi milik pengguna tetap akan tersimpan di ponsel, hanya saja data dan cache akan terhapus untuk memberikan sedikit ruang penyimpanan dan apabila pengguna ingin menggunakannya kembali, maka pengguna diwajibkan untuk mengunduh kembali data aplikasi tersebut tanpa harus mengunduhnya dari Play Store.

via XDA-Developer

  12+ Alasan Beli vivo X60 5G di 2021 🔥  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.