Para operator jaringan seluler dan peneliti keamanan di seluruh dunia telah membuat sebuah peringatan mengenai scamming SMS yang menggunakan malware Flubot berbahaya. Ketika Malware Flubot ini terpasang di smarphone kamu, maka Flubot tersebut dapat mengambil alih perangkat kamu, memata-matai sang empunya, mencuri data, dan masih banyak hal negatif yang bisa dilakukan.

Baca Juga:

Pandemi Flubot Sudah Menyebar di Inggris

Malware Flubot di Android ini memang sangat serius, dimana Inggris menjadi negara terbaru dimana mereka terjangkit dengan kasus Flubot ini. Malware ini akan menyebar dengan menggunakan pesan teks scam yang secara tampilan berasal dari sumber terpercaya, seperti perusahaan pengiriman ataupun sejenisnya.

Tidak seperti scamming SMS pada umumnya, pesan-pesan ini tidak ada sebuah phising link. Sebaliknya, setiap SMS tersebut akan berisi sebuah URL palsu yang ketika dibuka akan secara otomatis menginstall malware Flubot ke dalam smartphone target.

Pada perangkat Android, para pengguna akan dibawa ke sebuah page yang memberikan sebuah masukkan tentang penginstallan aplikasi. Biasanya, akan ada sebuah tracking tool yang khusus yang dimasukkan dalam sebuah paket atau yang serupa. Nah, aplikasi ini terinstall ini adalah aplikasi palsu dan di dalamnya mengandung malware Flubot.

Ada sebuah instruksi dimana para pengguna Android akan ditanyai dan disarankan untuk mematikan pengaman device perangkat yang reguler. Secara default, security settings di Android akan menghentikan semua installer di luar aplikasi Google Play yang memang sudah terjamin keamananya.

Ketika keamanan tersebut dimatikan, para pengguna tersebut akan mendownload dan menginstall aplikasi palsu tersebut (menggunakan APK tentu saja), dan hal tersebut akan memberikan ruang bagi para attacker untuk mengakses smartphone kamu dan mencuri data-data penting di dalamnya.

Seberapa Berbahanya Malware Flubot ini?

Setelah mendapatkan mengambil alih akses dari perangkat korban, Flubot akan memberi pesan ke semua orang di kontak list tersebut dan menyebarkan malware file dengan lebih mudah. Tentu saja tanpa terkecuali teman-teman, keluarga, kolega, dan masih banyak lagi. Hal inilah yang menjadi sebuah alasan mengapa penyebaran Flubot sangat cepat dan berbahaya.

Hingga sekarang infeksi dari Flubot ini sudah masuk ke negara Inggris. Ini menjadi daftar panjang dmana Inggris adalah negara ke-empat yang mengalami serangan ini, sebelumnya ada Spanyol, Polandia, Jerman, dan kemungkinan dengan cepatnya penyebaran ini, pastinya akan lebih besar lagi penyebaranya. Jadi di negara-negara Asia khususnya Indonesia harus selalu waspada dengan penyebaran malware ini.

Apakah Malware Flubot ini Bisa Ditanggulangi?

Memang banyak orang jarang banget menggunakan SMS, tetapi lain halnya jika ini berkaitan dengan SMS dari layanan yang terpercaya. Terkadang aku sendiri pun membuka sebuah tautan jika itu datangnya dari pengirim terpercaya.

Melihat cepatnya penyebaraan Malware Flubot ini, pastinya akan membuat ketar-ketir, apalagi hampir semua informasi kita ada di smartphone. Ini makin diperparah setelah belum ditemukannya sebuah “vaksin” untuk membabat Flubot ini, tetapi cara pencegahannya pun mudah. Vodafone mengatakan bahwa, jika kamu mendapatkan SMS yang mencurigakan, kamu tinggal hapus file tersebut dan jangan pernah di klik apapun alasannya. Tapi jika kamu mengklik URL tersebut dan menginstallnya maka secara otomatis akan malware Flubot tersebut akan dengan cepat tersebar.

Oke, itu tadi berita seputar malware Flubot yang menjangkiti benua Eropa. Jika kamu ada saran tentang aplikasi dan game yang ingin dibahas, kamu bisa berkomentar pada kolom dibawah ya, terima kasih!.

Sumber

  ⚡️ HUAWEI SUPER DEVICE! Melihat Kecanggihan Laptop Huawei Terbaru  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.