Berita terbaru datang dari sosial media Instagram yang mana mereka mengeluarkan sebuah tool terbaru yang mencegah dan melindungi pengguna dari pelecehan dari orang yang tidak dikenal. Terkadang ketika kita bersosial media, ada saja perilaku yang membuat kita kesal, contoh kasus misalnya ada orang yang mengirim DM yang bernada pelecehan ataupun kekerasan. Sekarang hal tersebut, bisa dicegah dengan tool terbaru yang dikenalkan Instagram pada update selanjutnya.

Baca Juga:

Cyber bullying memang salah satu permasalahan paling umum sekaligus paling kompleks yang dihadapi oleh berbagai platform sosial media. Nah, Instagram memulai campaign tersebut dengan mengeluarkan sebuah tool yang diklaim komprehensif dan juga efektif untuk melindungi penggunannya dari berbagai macam cyber bullying.

Instagram telah mengumumkan setidaknya ada dua fitur yang membantu para pengguna untuk melawan cyber bullying tersebut. Salah satunya adalah mencegah pengguna tersebut menerima sebuah Direct Message/DM dari pengguna yang tidak kamu follow. Sedangkan fitur lainnya adalah melindungi kamu agar tidak dihubungi oleh pengguna yang telah diblokir meskipun mereka membuat akun baru.

Sebuah Fitur yang Dapat Mem-Filter Request Inbox

Inilah masalah paling laten dalam yang sering dikeluhkan oleh banyak pengguna Instagram, dimana mereka seringkali mendapat sebuah komentar atau direct message yang kasar dari akun-akun yang tidak mereka follow. Menjadi suatu hal yang sulit dilakukan jika teman-teman kamu membully atau mengirim DM yang kasar (kecuali sebuah candaan) ke kamu.

Instagram memutuskan untuk mengurangi kesempatan orang ter-bully dari orang-orang yang tidak memfollow atau followers kamu sendiri. Dengan menggandeng organisasi anti diskriminasi dan anti-bullying, sosial media Instagram merilis fitur terbaru yang dinamakan Hidden Words. Fitur ini sudah resmi diperkenalkan di blog resmi Instagram, pihak Instagram sendiri mendeskripsikan fitur ini “telah di desain untuk melindungi para user dari segala macam komentar yang menyerang di DM request, sehingga hal ini pun membuat privasi kamu lebih terjaga”.

Untuk menyalakan fitur ini pun cukup mudah, kamu tinggal buka aplikasi Instagram, lalu kamu pergi ke Settings > Masuk ke Privacy dan nyalakan toggle Hidden Words. Instagram juga berencanan akan meresmikan fitur ini pada beberapa pekan ke depan di negara-negara tertentu saja. Masih belum ada penjelasan lebih lanjut ada berapa negara yang bisa menikmati fitur ini.

Memastikan Orang yang Sudah di Block Tidak akan Bisa Mengontak Kamu Lagi

Selain dari fitur Hidden Words, Instagram juga memperbaiki proses blocking sebuah akun. Untuk sekarang, meskipun kamu telah memblock akun tersebut, masih belum ada pencegahan kalau orang baru tersebut bisa men-DM kembali dengan akun baru.

Dengan fitur baru ini, kamu bisa atau mempunyai kesempatan untuk memutuskan memblok akun atau akun baru yang telah dibuat orang tersebut. Fitur ini juga tinggal menunggu waktu saja sebelum perilisan.

Instagram Terus Bekerja Keras untuk Membuat Platformnya lebih Aman

Meskipun sangat sulit untuk mengurangi cyber bullying, tetapi dengan langkah yang diambil oleh Instagram ini tentu saja sangat penting dan progresif. Bisa dibilang, cara-cara ini sangat efektif dalam membendung segala macam DM-DM yang membuat orang cemas dan mengganggu kesehatan, khususnya kesehatan mental mereka. Sangat patut diapresiasi dengan langkah yang telah Instagram ambil ini.

Oke itu tadi berita seputar sosial media Instagram, semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu semuanya ya. Jika kamu ada saran tentang aplikasi dan game yang ingin dibahas, kamu bisa berkomentar pada kolom dibawah ya, terima kasih!.

Sumber

  12+ Alasan Beli vivo X60 5G di 2021 🔥  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.