Kabar terbaru datang dari Spotify yang baru saja mendapatkan sebuah milestone bersejarah, dimana mereka mendapat total download hingga 1 miliar kali di platform Play Store. Lebih hebatnya lagi hampir setengah dari jumlah download-an tersebut di dapat pada dua tahun terakhir, gokil!.

Baca Juga:

500 Juta Download Hanya Dalam Waktu 2 Tahun!

Tentu saja ini adalah sebuah berita yang menghebohkan, dimana total 500 juta download disumbang dalam kurun waktu dua tahun saja. Banyak pakar yang mengatakan bahwa tahun 2020 merupakan penyumbang terbanyak, hal ini dikarenakan karena faktor pandemi Covid-19 yang mengharuskan orang menghabiskan banyak waktu di rumah dan menjadikan Spotify menjadi media hiburan bagi mereka.

Selain itu, Google Play Music pun tidak kuasa menahan gempuran Spotify dan terpaksa harus “almarhum”. Ini menunjukan jika Spotify masih sangat berkuasa, dan belum ada tanda-tanda mereka akan berhenti dalam membuat inovasi untuk terus memanjakan user mereka, baik user premium maupun free user.

Keberhasilan Investasi Podcast Menjadi Awal Sukses Besar

Jika membahas keberhasilan Spotify, tidak sah jika tidak membahas dari sisi investasi podcastnya. Bisa dibilang, investasi mereka dengan membeli podcast dari Joe Rogan Experience menjadi awal langkah kejayaan mereka. Selain itu, mereka secara agresif terus mengembangkan sisi podcast sehingga banyak konten kreator tertarik untuk menggunakan Spotify sebagai media utama mereka.

Hasilnya pun sangat positif dan orang-orang pun mulai beralih dengan mendengarkan podcast daripada menonton sebuah video di YouTube. Tidak hanya itu, Spotify juga mulai mengembangkan sayap bisnisnya ke platform audiobook dimana mereka akan bersaing langsung dengan perusahaan macam Amazon dan Audible yang terlebih dahulu menguasai platform audiobook.

Tetapi tentu saja ada beberapa hal yang menjadi noda ditengah kesuksesan besar dari Spotify ini. Ada beberapa hal yang menjadi handicap Spotify dan yang paling di highlight adalah dimana proses pembayaran yang rendah kepada para artis-artis. Para artis tersebut seringkali mengkritik tidak ada upaya transparansi mengenai pendapatan mereka. Spotify pun telah menepis klaim transparansi bayaran tersebut dengan mengeluarkan sebuah fitur yang bisa menghitung persentase bayaran dari layanan streaming mereka

Lalu Siapa Saingan Terbesar dari Spotify?

Terlepas dari segala macam kontroversi di dalamnya, bisa dibilang Spotify adalah raja di ranah streaming musik. Bahkan mereka pun berhasil membuat Google menutup salah satu aplikasinya dan membuat mereka beralih ke YouTube music yang juga tidak berdaya menghadapi kedigdayaan Spotify.

Mungkin untuk sekarang pesaing terdekat dari Spotify adalah YouTube (standar aplikasi video) dan TikTok. Sangat menarik melihat perkembangan Spotify untuk ke depannya.

Oke itu tadi berita seputar Spotify, semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu semuanya ya. Jika kamu ada saran tentang aplikasi dan game yang ingin dibahas, kamu bisa berkomentar pada kolom dibawah ya, terima kasih!.

Sumber

  ⚡️ HUAWEI SUPER DEVICE! Melihat Kecanggihan Laptop Huawei Terbaru  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.