Kabar terbaru datang dari Spotify yang mengumumkan bahwa mereka telah memiliki sekitar 158 juta pelanggan premium hingga kuarter pertama di tahun 2021 ini. Tidak hanya itu, mereka juga mencatat ada lonjakan pemakai di bagian versi gratisnya di angka 208 juta pengguna!.

Baca Juga:

Spotify Mendapat Total 356 Juta Pelanggan!

Tentu angka 158 juta pelanggan ini adalah angka yang sangat besar, dimana angka pertumbuhannya paling besar tercatat pada tahun lalu. Selain itu, pergerakan pemakai terbesar ada di kawasan Amerika Utara dan di bagian Amerika Latin. Sedangkan untuk kontribusi pasar baru mencatatkan negara Korea Selatan menjadi pendorong terbesar.

Tidak hanya itu saja, jika angka 158 juta pelanggan ditambah dengan jumlah pengguna versi gratisnya yaitu 208 juta pengguna, maka akan menjadi 356 juta pengguna aktif hingga saat ini. Spotify juga menyebutkan bahwa pertumbuhan tahunan tercatat hingga 24%. Ini adalah tingkat pertumbuhan yang sangat besar dan positif.

Memang tak bisa dipungkiri, media streaming mulai banyak memanen hasil yang besar meskipun adanya pandemi Covid yang menyerang hingga saat ini. Setelah aplikasi Zoom, Netflix mencatat angka pertumbuhan dan keuntungan yang besar, Spotify pun tak mau kalah dengan mencatatkan angka yang besar juga.

Segala macam laporan tentang pertumubuhan Spotify ini bisa kamu lihat di PDF Document yang telah dibagikan. Pada rentang Januari hingga Maret 2021, Spotify mendapatan sekitar 4 juta pelanggan premium baru dan 7 juta pengguna untuk versi gratisnya.

Pengembangan Podcast yang Dilakukan Spotify Berjalan Sukses

Ya, jika membicarakan Spotify memang tak lengkap jika membahas podcast. Bisa dibilang banyak podcast-podcast terkenal lahir dari Spotify. Tidak salah jika Spotify berinvestasi dengan membeli acara podcast terbaik saat ini yaitu Joe Rogan Experience. Hal ini juga mengakibatkan Spotify menjadi sebuah kiblat bagi para pendengar Podcast dan melahirkan berbagai channel podcast dengan konten yang menarik.

Bahkan di Indonesia sendiri ada sebuah channel podcast yang amat terkenal yaitu Podkesmas yang dikenal hingga ke luar negeri. Bisa dibilang, perkembangan podcast inilah yang bisa menjadikan Spotify sangat perkasa hingga saat ini, dan investasi mereka untuk mengembankan podcast sangat sukses.

Spotify vs Apple Podcast Kompetisi Merebutkan Pangsa Podcast

Meskipun Spotify seperti menguasai lahan podcast, tentunya para kompetitor pun tak mau kalah untuk membesarkan produknya. Terbaru Apple Music dan Podcast akan membuat sebuah pembaruan bertujuan untuk mengejar ketertinggalan mereka atas Spotify. Padahal sebelum Spotify berkibar seperti sekarang, Apple sudah mempunyai sekitar 60 juta pelanggan berbayar di tahun 2019.

Sayangnya Apple seperti menghentikan projek ini karena mereka tidak pernah mengupdate layanannya. Tetapi mulai aktifnya Apple Music dan Podcast ini, harusnya bisa menjadi tanda bahaya untuk Spotify dan mereka harus mempertahankan pangsa pasar podcast dan streaming musik yang telah mereka kuasai hingga sekarang ini. Sangat menarik untuk melihat persaingan mereka berdua dan platform lain untuk sikut-sikutan untuk menguasai pangsa pasar podcast itu sendiri.

Oke itu tadi berita seputar Spotify, semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu semuanya ya. Jika kamu ada saran tentang aplikasi dan game yang ingin dibahas, kamu bisa berkomentar pada kolom dibawah ya, terima kasih!.

Sumber

  12+ Alasan Beli vivo X60 5G di 2021 🔥  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.