Google baru-baru membuat desain ulang dari layout Play Store. Google menghapus menu “hamburger” dan memindahkan sebagian besar entri menunya ke menu akun yang terletak di pojok kanan atas. Namun sepertinya, Google masih akan terus membuat desain ulang untuk membenahi layout ini, tentu akan ada banyak pendapat beragam ada yang pro maupun kontra, tetapi sepertinya hal tersebut tidak menghentikan Google untuk merubah tampilan Play Store.

Baca Juga:

Banyak Respon Negatif yang Diterima Terkait Perubahan Play Store

Selama akhir pekan kemarin, banyak banget situs dan tech enthusiast yang memberikan pendapat tentang layout terbaru di yang akan diberlakukan di Play Store ini. Kebanyakan mereka tidak menyukainya dan lebih nyaman menggunakan layout yang lama karena pada layout baru ini membuat tidak praktis sama sekali ketika sekedar mengakses daftar lengkap aplikasi.

Contohnya adalah ketika kita masuk ke menu “My apps & games” di Play Store, normalnya atau biasanya kamu akan melihat kumpulan update yang tertunda dan aplikasi mana yang telah diperbaharui pada tab pertama, setidaknya hal ini mengandung informasi yang berguna bagi kita yang masih suka membaca log perubahan.

Ada seorang user reddit yang membagikan screenshot tidak efektifnya perubahan ini. Pada menu “Manage apps & device” menggantikan menu “My Apps & Games”. Hal ini pun berefek dengan menghilangkan sebagian besar tab yang tersedia di interface yang lama, seperti Updates, Installes, Library, Share, dan Beta.

Kalau misalnya kamu ingin memeriksa pembaruan dengan cepat, halaman Overview default baru pun dianggap tidak efektif. Hal ini dikarenakan hanya mencantumkan beberapa entri menu dan statistik tentang Play Protect, Used Storage, Rating and Reviews, dan opsi untuk membagikan aplikasi.

Selain itu, untuk menu app update hanya akan mendapat entri yang cukup kecil, dan jika semua aplikasi update, maka Play Store akan memberikan pesan “All apps are up to date”. Akan ada beberapa opsi untuk melihat detail, tetapi masih belum tahu apakah kita bisa melihat detail tersebut atau tidak.

User Reddit tersebut juga membagikan sebuah gambar untuk menu Pending download, yang mana kemungkinan kamu akan lihat ketika kamu menekan entri di menu pembaruan aplikasi. Sayangnya, kita tidak dapat melihat lagi mana aplikasi yang telah di update secara sekilas.

Sudah Diperkenalkan Pada Tahun 2020 Tapi Tiba-Tiba Menghilang

Sebenarnya perubahan desain ini telah diberlakukan pada tahun 2020 kemarin, akan tetapi tidak lama setelah perubahan Google memutuskan untuk mengembalikan lagi layout seperti sedia kala. Melihat akan diberlakukannya kembali desain ini, maka kita bisa berasumsi kalau Google serius dengan desain terbarunya ini.

Masih belum diketahui lagi kapan tepatnya update layout ini akan diberlakukan, dan Google sendiri belum memberikan sebuah keterangan resmi apakah mereka positif melakukan perubahan layout atau sekedar rumor belaka. Tetapi melihat keseriusan Google merubah layout ini, rasanya kita akan melihat perubahan dalam waktu dekat ini, jadi mari kita tunggu berita selanjutnya.

Oke itu tadi berita seputar layanan Google Play, semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu semuanya ya. Jika kamu ada saran tentang aplikasi dan game yang ingin dibahas, kamu bisa berkomentar pada kolom dibawah ya, terima kasih!.

Sumber

  HP LOKAL INI MULAI BERANI NANTANG XIAOMI..!! πŸ”₯πŸ”₯  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.