Sepertinya YouTube mulai mempersiapkan langkah serius untuk berkompetisi dengan TikTok melalui platform short video miliknya yaitu YouTube Shorts. Kabar terbaru mengatakan bahwa YouTube mengguyur dana sekitar Rp. 1,4 T kepada para kreator selama tahun 2021 hingga 2022 untuk meningkatkan produksi konten dan tentunya untuk bersaing langsung mengalahkan TikTok serta pesaing lainnya.

Baca Juga:

Memperkenalkan YouTube Shorts Fund

Seperti yang diberitakan dari sebuah postingan di blog resmi YouTube. Para kreator YouTube atau YouTubers yang membuat sebuah konten original dengan YouTube Shorts akan mendapatkan sebuah hadiah uang jika konten mereka mendapat banyak pemirsa.

Google juga mengatakan bahwa dana tersebut akan didistribusikan mulai tahun 2021 hingga 2022. Inisiatif yang dibangun Google dan YouTube ini diharapkan akan membangun sebuah model monetisasi jangka panjang untuk YouTube Shorts dan hal inilah yang dinamakan YouTube Shorts Fund.

Untuk sekarang YouTube Shorts baru tersedia di negara Amerika Serikat dan India, tidak hanya itu, Google mengatakan kalau YouTube Shorts dan Youtube Shorts Fund akan dilaunching secara global dalam waktu dekat.

YouTube Terlalu Terburu-buru dalam Perilisian YouTube Shorts?

Seperti yang dibahas sebelumnya, YouTube akan memberikan penghargaan atau hadiah kepada ribuan pembuat setiap bulannya berdasarkan pencapaian tertentu. Sayangnya, Google belum merinci ambang khusus untuk menerima pembayaran dan detail-detail penting lainnya, banyak netizen di Amerika mengatakan bahwa langkah yang diambil ini terlalu terburu-buru sehingga mereka belum menyiapkan secara detail syarat-syarat penting tersebut.

Tetapi melihat beberapa pernyataan dari YouTube di blognya tersebut, para konten kreator yang memposting sebuah video original di YouTube Shorts akan berhak menerima hadiah. Kemungkinan besar, setelah perilisan YouTube Shorts secara global, Google akan membagikan informasi lebih lanjut terkait “aturan main” dalam YouTube Shorts.

Fitur Baru yang Akan Datang di YouTube Shorts

Fitur-fitur baru akan terus datang di YouTube Shorts. Salah satunya adalah banyaknya audio remix untuk semua kreator Shorts. Bahkan bisa dibilang fitur ini akan melebihi fitur TikTok dimana kamu bisa menggunakan suara dari video YouTube lain pada shorts asalkan konten kreator telah mengaktifkan sebuah opsi di YouTube mereka yang memungkinkan konten mereka digunakan pada platform YouTube Shorts.

Selain itu, YouTube juga akan memberikan banyak filter dasar yang berguna untuk mewarnai video pendek menjadi lebih menarik, tentunya masih banyak efek lain yang akan diperkenalkan oleh YouTube. Dan yang tak kalah pentingnya, YouTube akan mulai menguji iklan untuk Shorts sebagai cara alternatif untuk monetisasi.

Pengembangan YouTube ke Short Platform Video

Bisa dibilang untuk saat ini short video platform merupakan bisnis yang paling menguntungkan. Melihat ledakan TikTok tahun lalu hingga sekarang, membuat hampir semua sosial media menyertakan short-video platform di semua layanannya.

Tetapi, jika dibandingkan dengan Instagram atau Snapchat, YouTube meskipun sedikit terlambat tetapi mereka mempunyai modal yang cukup matang karena pada dasarnya mereka sudah berpengalaman dalam video-sharing. Jadi, arah pengembangan YouTube sendiri sudah masuk ke arah yang benar.

Oke itu tadi berita seputar media streaming YouTube, semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu semuanya ya. Jika kamu ada saran tentang aplikasi dan game yang ingin dibahas, kamu bisa berkomentar pada kolom dibawah ya, terima kasih!.

Sumber

  ⚡️ HUAWEI SUPER DEVICE! Melihat Kecanggihan Laptop Huawei Terbaru  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.