Selama beberapa tahun ke belakang, Google Photo selalu jadi andalan saya untuk bisa mem-back up foto-foto penting yang diambil dari smartphone saya dan untung saja saya pengguna Pixel sehingga masih tetap mendapatkan penyimpanan unlimited (walaupun resolusinya diturunkan akibat dari kebijakan baru Google).

Baca juga:

Nah, ngomongin soal Google Photo, rencananya Google akan menambahkan sebuah fitur menarik di tahun ini dan fitur tersebut adalah Locked Folder. Sebenarnya ini bukan lagi hal baru, Google sendiri mulai menanamkan fitur ini di aplikasi Files miliknya dengan nama Safe Folder yang gunanya untuk menyimpan berbagai file pengguna yang dirasa punya unsur sensitif (mis. gambar dokumen penting, nomor akun, ID cards, dan mungkin beberapa gambar sensitif yang tak ingin diketahui oleh orang lain).

Dari beberapa sumber yang sudah mendapatkan update ini, kamu bisa menemukan fitur tersebut di aplikasi Google Photo dengan bernavigasi ke bagian Utilities. Fitur ini bisa menggunakan opsi screen lock untuk masalah keamanan, jadi kamu bisa pilih untuk menggunakan fitur keamanan biometric atau menggunakan PIN/pola.

Berdasarkan informasi yang disampaikan oleh Google, Locked Folder akan digulirkan pertama kali ke perangkat Pixel dan akan tersedia ke lebih banyak perangkat Android di akhir tahun nanti. Khusus untuk ponsel Pixel, Google kabarnya mengizinkan kamu untuk langsung menyimpan foto yang baru saja kamu ambil dari kamera langsung ke Locked Folder loh!

So, gimana tanggapan kamu tentang fitur yang satu ini? Sampaikan langsung di kolom komentar yah!

  12+ Alasan Beli vivo X60 5G di 2021 🔥  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.