Google lagi serius banget nih berbenah untuk masalah cloud storage yang kian hari kian padat dan untuk dapat memaksimalkan hal tersebut, terjadi perubahan kebijakan terkait dengan layanan serta aplikasi milik Google, termasuk Google Photo yang selalu jadi andalan untuk mem-backup foto.

Perubahan ini sangat berdampak bagi pengguna layanan Google Photo yang menggunakan perangkat non-pixel, karena per-tanggal 1 Juni 2021 seluruh penyimpanan awan Google (mis. Google Drive, Gmail, Photo dll) akan disatukan, sehingga file foto atau yang kamu upload akan langsung terakumulasi dalam penyimpanan 15GB yang kamu dapat gratis sedari awal kamu membuat akun Google.

Sedangkan untuk perangkat Pixel (mulai dari generasi pertama hingga yang terakhir), kamu juga dipastikan terkena dampak dari kebijakan ini. Walaupun demikian, Google memastikan bahwa kamu masih tetap dapat menikmati fitur unlimited storage di Google Photo, hanya saja opsinya kini dibatasi (hanya untuk foto dan video yang di upload dalam kualitas tinggi, padahal di kebijakan sebelumnya kamu bisa menikmati unlimited storage untuk kualitas original juga).

High quality backup atau backup dengan kualitas tinggi akan membuat foto yang kamu upload cuma mentok di resolusi 16MP. Jadi, kalau ponsel kamu ingin tetap menyimpan file dengan kualitas original atau yang resolusinya lebih tinggi dari 16MP, maka kamu harus berlangganan layanan Google One. Hal tersebut berlaku pula untuk video, jika rekaman yang kamu upload ke Google Photo menggunakan format 4K, maka Google akan mengompres file tersebut menjadi Full HD atau 1080p.

So, gimana tanggapan kamu akan hal ini? Sampaikan langsung di kolom komentar.

via Google

  Technow #45: Spotify Dibobol..?? iOS 15, Snapdragon 875 dan 775G! Windows 10X  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.