Facebook selaku developer dari Instagram sedang mengupayakan cara agar pengguna Instagram bisa menerima kode otentikasi dua faktor (2FA) melalui pesan di WhatsApp. Ini akan menjadi opsi baru yang akan menambah metode 2FA yang ada sekarang ini.

Baca Juga:

Instagram 2FA Code Lewat WhatsApp?

https://twitter.com/alex193a/status/1395912134215839744

Sebenarnya hal ini belum dikonfirmasi langsung oleh pihak Instagram maupun Facebook. Tetapi pengguna Twitter yang bernaman Alessandro Paluzzi telah memberikan sebuah bocoran dan beberapa bukti bahwa Facebook memang mengerjakan hal tersebut.

Dia juga membagikan beberapa gambar screenshot di Twitter yang menunjukkan interface di sekitar fitur opsional baru ini di aplikasi Instagram baik untuk iOS dan Android. Para pengguna Instagram akan bisa ikut serta ketika Facebook meluncurkan opsi 2FA ini kepada semua orang.

Cara Menggunakan Kode WhatsApp untuk Instagram 2FA

Sepertinya, fitur ini tidak akan aktif secara default, dan kamu bisa menyalakan fitur ini pada Instagram Settings > Security > Two-Factor Authentication, lalu kamu bisa menyalakan opsi WhatsApp. Kamu juga perlu mengaktifkan metode SMS sebelum WhatsApp dapat digunakan untuk pengiriman kode 2FA Instagram.

Instagram sudah mendukung metode pengiriman kode 2FA seperti pesan teks, aplikasi autentikator (seperti Authy), kode cadangan yang dicetak, dan login request. Kalau misalnya fitur ini ternyata terjadi, maka WhatsAPp akan bergabung dengan metode 2FA yang ada sebagai opsi yang baru.

Metode 2FA Mana yang Menjadi Rekomendasi Terbaik Untuk Digunakan?

Tidak semua metode pengiriman kode 2FA dibuat sama. SMS sejauh ini merupakan cara paling tidak aman untuk menerima kode 2FA karena kemungkinan memalsukan pesan teks sangat besar. Sedangkan WhatsApp sendiri cenderung lebih aman jika dibandingkan dengan teks SMS biasa.

Memakai aplikasi authenticator seperti Authy contohnya, mempunyai tingkat keamanan yang cukup bagus, akan tetapi kelemahan terbesarnya adalah ketergantungan mereka pada secret key. Cara paling aman untuk menerima kode 2FA adalah menggunakan universal second-factor keys (U2F), perangkat kecil yang menggunakan koneksi NFC atau USB.

Oke itu tadi berita seputar sosial media Instagram, semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu semuanya ya. Jika kamu ada saran tentang aplikasi dan game yang ingin dibahas, kamu bisa berkomentar pada kolom dibawah ya, terima kasih!.

Sumber

  12+ Alasan Beli vivo X60 5G di 2021 🔥  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.