Masih ingat dengan rencana Facebook yang ingin membuat sebuah aplikasi sosial media Instagram Kids?. Sepertinya rencana membuat sebuah sosial media yang menargetkan anak dibawah 13 tahun tersebut terancam batal karena adanya permintaan Jaksa Agung dari Amerika Serikat, ada apa?.

Baca Juga:

Pejabat Negara Minta Facebook Membatalkan Instagram Kids

Sekitar 44 jaksa agung di Amerika telah meminta secara resmi kepada Facebook untuk membatalkan rencana pembuatan Instagram Kids. Alasan utama mereka meminta pembatalan tersebut adalah karena masalah keamanan, privasi, dan kesehatan mental bagi anak-anak tersebut. Selain itu, organisasi lain seperti anggota kongres dan kelompok keselematan anak (KPAI atau semacamnya) telah menyatakan keprihatinan yang serupa.

Dalam surat yang diterbitkan para Jaksa Agung untuk CEO Facebook Mark Zuckerberg itu dengan jelas menyatakan bahwa sosial media dapat merusak kesehatan dan kesjahteraan anak-anak karena akan mempunyai dampak mulai dari keamanan online, privasi, dan pengaruhnya terhadap kesehatan mental.

Lebih jauh lagi, pada surat tersebut mereka juga langsung mengkritik Facebook karena secara historis dan riwayat, mereka gagal melindungi kesejahteraan anak-anak di dalam platformnya. Hal ini makin memperkuat desakan untuk Facebook membatalkan rencana pembuatan Instagram Kids.

Selain itu, Jaksa Agung memperjelas bahwa kepentingan prioritas mereka pada saat ini adalah untuk melindungi warga mereka yang berusia muda, dan mereka menganggap rencana pembuatan Instagram Kids ini bertentangan dengan kepentingan yang telah mereka buat.

Mengapa Facebook Ingin membuat Instagram Kids?

Pada sebuah statement di CNN, juru bicara Facebook mengatakan “semua orang tua tahu bahwa anak mereka sedang online, Kami menginginkan sesuatu untuk meningkatkan situasi kepada orang tua untuk bisa mengontrol apa yang sedang dilakukan anak mereka ketika bersosial media.”

Zuckerberg sendiri mengharapkan bahwa anak-anak usia 13 tahun tersebut bisa menghindari penggunaan Instagram biasa yang mempunyai konten-konten yang tidak sesuai dengan umur mereka. Dia juga menjelaskan bahwa orang tua akan memiliki kendali lebih atas layanan Instagram Kids tersebut. Selain itu, dia juga menambahkan tidak akan menampilkan ads di platform Instagram Kids itu.

Instagram Kids ini sendiri masih dalam tahap perencanaan dan masih belum tahu kapan tepatnya fitur ini akan muncul ke pasaran. Mereka juga optimis bahwa banyak anak-anak yang berusia dibawah 13 tahun ingin memiliki dan menggunakan Instagram.

Permasalahannya adalah, anak-anak tersebut terkadang memalsukan umur mereka untuk menggunakan sosial media tersebut. Bahkan hal ini sempat membuat Twitter cukup pusing dalam menanggulanggi hal tersebut. Akibatnya Twitter melakukan sebuah pemusnahan massal terhadap akun-akun palsu tersebut. Bisa dibilang apa yang di presentasikan oleh Facebook memang adalah sebuah ide yang bagus, masalahnya adalah yang membuat pernyataan itu adalah Facebook dengan segala macam citranya yang cenderung negatif.

Akankah Rencana Instagram Kids ini Berlanjut?

Facebook ini memang terkenal tidak akan goyah meskipun mereka diserang dari berbagai arah. Sangat besar kemungkinan mereka akan mengabaikan himbauan dari para Jaksa Agung tersebut, dan tetap melanjutkan rencana pembuatan sosial media Instagram Kids itu.

Tetapi melihat campaign manis Facebook terkait pembuatan Instagram Kids ini, rasanya tidak ada salahnya untuk dicoba, apalagi kita bisa melihat jika anak-anak ini tidak mempunyai wadah sosial media mereka sendiri, para orang tua bisa bingung bagaimana memfilter konten yang ada sosial media mereka.

Oke itu tadi berita seputar sosial media Instagram, semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu semuanya ya. Jika kamu ada saran tentang aplikasi dan game yang ingin dibahas, kamu bisa berkomentar pada kolom dibawah ya, terima kasih!.

Sumber

  12+ Alasan Beli vivo X60 5G di 2021 🔥  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.