Google membuat sebuah pengumuman yang cukup mengejutkan, dimana aplikasi ini akan tersedia bagi semua akun google dan tidak hanya untuk akun enterprise saja. Pastinya, semua fitur Google Workspace bisa kamu gunakan baik gratisan maupun enterprise dan ini merupakan sebuah keuntungan yang sangat besar.

Baca Juga:

Google Workspace Kini Tersedia Untuk Siapa Saja

Google Workspace di perkenalkan pada tahun 2020, dimana ini adalah bentuk branding baru dari G Suite baik bagi bisnis ataupun akun enterprise. Seperti yang dilansir dari The Keyword, Google sekarang membuat fitur Workspace tersedia bagi semua akun Google, jadi kamu tidak perlu lagi membayar untuk bisa merasakan semua fitur yang ada di Google Workspace.

Workspace bisa dibilang kombinasi dari beragam aplikasi besutan Google seperti Gmail, Chat, Calendar, Drive, Docs, Sheet, dan Google Meet dalam satu window. Untuk mengaktifkan fitur ini, para pengguna diharuskan untuk menyalakan Google Chat pada pengaturan Gmail di versi webnya.

Ketika kamu menggunakan salah satu dari aplikasi Google diatas, kamu akan bisa melihat sebuah opsi untuk mengganti aplikasi dari satu ke yang lain dalam satu tab. Contohnya, kamu bisa menambahkan sebuah informasi ke dokumen Sheets ketika kamu di dalam Gmail.

Google juga menjelaskan bahwa Workspace akan membuat pengguna lebih mudah terkoneksi, teroganisir, dan mencapai berbagai hal secara bersamaan. Rupanya, Google menyadari bahwa pengguna normal juga bisa mendapat manfaat multitasking yang dibawa oleh Workspace daripada para pengguna bisnis dan enterprise.

Satu lagi benefit yang didatangkan pada Google Workspace adalah akses untuk fitur smart Canvas yang diumumkan pada Google I/O 2021. Dengan smart Canvas ini, Google akan mengkombinasikan Docs, Sheets, dan Slides dalam satu aplikasi untuk menyimpan tiap perubahan diantara platform-platform tersebut.

Google Mengenalkan Workspace Plan

Pada kesempatan ini juga Google Workspace mengenalkan fitur baru bagi para pengguna premium tier yaitu Google Workspace Individual dengan biaya $9,99 USD per bulan (sekitar Rp. 144.553,42).

Pada fitur ini, pengguna akan mendapatkan lebih banyak Workspace tanpa mengharuskan mereka menyiapkan domain atau alamat e-mail khusus mereka sendiri. Paket langganan Google akan menyertakan fitur seperti pemasaran e-mail yang telah dipersonalisasi, video meeting, dan lainnya hanya dengan menggunakan akun Gmail kamu.

Google juga menambahkan bahwa fitur ini akan diperkenalkan segera ke 6 negara mulai dari Amerika, Kanada, Meksiko, Brazil, Australia, dan Jepang. Tentu saja ini tidak akan mempengaruhi pengguna bisnis atau premium saat ini untuk mengakses Google Workspace.

Google Menawarkan Pekerjaan Multitasking Untuk Semua Orang

Meskipun Google menyesuaikan workspace untuk membantu pengguna berkolaborasi satu dengan yang lain, keuntungan terbesar dari kemampuan Workspace ini adalah untuk melakukan banyak tugas atau multitasking. Dengan menggunakan Workspace dan mengakses banyak aplikasi Google berbeda dalam satu waktu jelas sebuah penghematan waktu yang sangat besar.

Yang jelas, Google telah memiliki kemampuan untuk menawarkan kemampuan untuk menawarkan fitur multitasking seperti itu untuk sekarang, jadi suatu nilai positif ketika melihat Google menawarkan Workspace untuk semua orang sekarang ini.

Oke itu tadi berita seputar Google Workspace, semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu semuanya ya. Jika kamu ada saran tentang aplikasi dan game yang ingin dibahas, kamu bisa berkomentar pada kolom dibawah ya, terima kasih!.

Sumber

  ⚡️ OPPO Reno6 Indonesia: Unboxing + Hands on!  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.