Twitter sedang mengembangkan sebuah fitur terbaru yaitu “unmention yourself” yang akan memungkinkan kamu untuk menghapus segala mention tentang akun kamu. Dengan fitur ini, harapannya kamu bisa menjaga privasi dengan menghapus segala macam tag yang memention kamu.

Baca Juga:

Twitter Sedang Mengerjakan Fitur “Unmention Yourself”

Twitter kali ini sedang mengerjakan fitur baru yang memungkinkan pengguna untuk me-unmention mereka dari tweet yang tak ingin mereka tag. Dominic Camozzi, selaku perancang privasi Twitter, membagikan konsep awal dari fitur ini, dan dia membagikannya dalam akun Twitter pribadinya.

Camozzi menjelasakan bahwa fitur baru ini didesain untuk membantu pengguna menghindari sebuah perhatian yang tidak diinginkan serta mengurangi pengalaman negatif di timeline mereka. Bisa dibilang ini adalah langkah yang sangat penting bagi Twitter karena sangat berguna bagi para pengguna Twitter yang namanya tidak ingin dicatut ke laman lain.

Fitur mention baru Twitter ini sangat mirip dengan apa yang telah Facebook lakukan terlebih dahulu. Facebook mempunyai fitur yang memungkinkan pengguna untuk menghapus tanda diri dari posting. Pada dasarnya cara ini sama dengan apa yang dilakukan oleh Twitter.

Baru-baru ini, Twitter memperkenalkan sebuah fitur baru yang memungkinkan para pengguna untuk membatasi balasan ke sebuah tweet sehingga akun yang tidak dikenal tidak akan dapat membalas. Fitur unmention ini akan memberikan pengguna lebih banyak kontrol atas interaksi akun lain dengan mereka.

Bagaimana Fitur Unmention Bekerja?

https://twitter.com/dcrc/status/1404578211309056006

Camozzi menjelaskan bahwa mereka ingin membuat sebuah untag dari sebuah tweet menjadi lebih mudah. Ini sangat ampuh bagi para pengguna yang tidak suka dikirim hate speech ataupun spam tweets.

Dalam konsep saat ini, kita dapat melihat bahwa fitur baru akan hidup di menu opsi untuk tweet. Jika pengguna memutuskan untuk unmention dalam sebuah tweet, pemilik tweet yang me-mention akun tersebut tidak akan mendapat sebuah pembaruan tentang perubahan tersebut.

Twitter juga akan mengirimkan pemberitahuan kepada pengguna ketika seseorang tidak mereka ikuti me-mention nama mereka, dengan pemberitahuan ini memungkinkan pengguna untuk meninjau kembali mention-an tersebut. Pengguna juga akan memiliki opsi untuk menghentikan akun tersebut agar tidak menyebutkannya lagi tanpa memblokir akun tersebut.

Selain itu Camozzi menyebutkan dalam tweetnya, fitur ini sedang dalam konsep dan akan segera dikerjakan oleh Twitter. Dengan ini bisa disimpulkan bahwa Twitter mungkin tidak akan benar-benar merilis fitur ini kepada pengguna, meskipun faktanya ada pengembangan lebih lanjut. Selain itu, tidak ada informasi lanjutan kapan fitur ini akan dirilis jika fitur ini berhasil selama pengetesan.

Twitter Memberi User Lebih Banyak Alat Privasi

Dengan beberapa penambahan fitur seperti ini, tampaknya jelas bahwa Twitter memang berusaha untuk mendorong sebuah privasi di dalam platformnya. Twitter memberi akses kepada pengguna untuk lebih banyak kontrol atas bagaimana akun ini berinteraksi dengan mereka hanya untuk hal baik saja, terutama hal ini untuk mengurangi pengalaman negatif yang seringkali ditemukan di sosial media manapun saat ini.

Oke itu tadi berita seputar sosial media Twitter, semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu semuanya ya. Jika kamu ada saran tentang aplikasi dan game yang ingin dibahas, kamu bisa berkomentar pada kolom dibawah ya, terima kasih!.

Sumber

  ⚡️ OPPO Reno6 Indonesia: Unboxing + Hands on!  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.