Terlalu mudah bagi sebuah aplikasi terlebih lagi aplikasi browser untuk terus bertumbuh, bahkan terkadang pertumbuhannya membuat aplikasi tersebut makin membengkak karena update-update yang terjadi pada mereka. Meskipun tambahan-tambahan fungsionalitas itu tidaklah berbahaya, tapi kebanyakan fitur tersebut malah membebani aplikasi dan tidak berjalam dengan maksimal. Pada Firefox Lite pun demikian, Mozilla memutuskan untuk “mematikan” Firefox Lite karena sudah tidak relevan dengan konsep Lite.

Baca Juga:

Akan Lebih Fokus Terhadap Firefox Stable Version

Sebenarnya Firefox Lite ini mulai masuk ke pasar Play Store dengan nama Firefox Rocket. Aplikasi ini di-desain khusus untuk para pengguna internet di Indonesia, dan dirilis pada tahun 2017 dengan lebih fokus terhadap browsing cepat sambil meminimalkan penggunaan data.

Selanjutnya, pada tahun berikutnya Mozilla mengganti nama Mozilla Rocket menjadi Firefox Lite, hal ini ditujukan agar deskripsi aplikasi lebih mudah dijabarkan. Akan tetapi, pada tahun 2020, Firefox Lite mendapatkan sebuah kekacauan yang cukup besar, setelah Mozilla menambahkan sebuah iklan baik lewat notifikasi dan New Tab page.

Bahkan pada bulan Februari kemarin, Mozilla makin membuat kemampuan Lite di Firefox berkurang secara drastis, mereka menambahkan fitur travel terbaru yang bahkan tidak diperlukan untuk browser sekelas Lite. Semenjak update fitur travel tersebut, pengguna Firefox Lite menjadi berkurang secara signifikan karena dianggap telah menyimpang dari tujuannya.

Rest in Peace Firefox Lite!

Mozilla mengatakan bahwa mereka akan menghentikan pengembangan dan dukungan untuk Firefox Lite karena bagi mereka aplikasi Firefox biasa sudah cukup cepat dan membuat versi “Lite” menjadi mubazir. Jika kamu pengguna Firefox Lite sebelumnya, kamu masih tetap bisa memakai aplikasi tersebut, tetapi kamu tidak akan mendapat update apapun kedepannya, dan aplikasi Firefox Lite tidak akan bisa diunduh ulang dari Play Store.

Firefox Lite ini sebenarnya aplikasi browser yang cukup populer, bahkan tercatat mereka telah mendapatkan lebih dari 5 juta download selama “masa hidup”-nya. Jadi, mungkin adalah saat yang tepat untuk mengucapkan Rest in Peace pada Firefox Lite!.

Oke itu tadi berita seputar browser Mozilla Firefox, semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu semuanya ya. Jika kamu ada saran tentang aplikasi dan game yang ingin dibahas, kamu bisa berkomentar pada kolom dibawah ya, terima kasih!.

Sumber

  ⚡️ HUAWEI SUPER DEVICE! Melihat Kecanggihan Laptop Huawei Terbaru  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.