Kabar terbaru datang dari browser Firefox yang melakukan sejumlah update pada pembaruan kali ini. Dari sekian banyak fitur-fitur yang telah diperkenalkan Firefox, ada sejumlah fitur yang menjadi fokus utama yaitu untuk melindungi data kamu ketika kamu berselancar di dunia internet. Itu karena versi Firefox sekarang memangkas perujuk HTTP secara default dan menghapus informasi string kueri dari header, hal ditujukan untuk melindungi data kamu dengan lebih baik.

Baca Juga:

Apa yang Dimaksud Dengan Header Perujuk?

Ketika kamu browsing internet, pasti kadangkala kamu berpindah dari satu web ke website yang lain. Header perujuk HTTP akan memberi sinyal ke situs web tujuan tentang resource kamu. Biasanya, header perujuk ini berisikan alamat URL lengkap situs web tempat kamu berada sebelumnya.

Header Perujuk ini sangat berguna bagi para pemilik situs web untuk mengetahui dari mana traffic mereka berasal. Tidak hanya itu, hal ini juga dapat digunakan untuk logging, optimasi caching, dan masih banyak lagi. Masalahnya, Header Perujuk ini dapat berisikan data pribadi, entah itu halaman spesifik situs web yang kamu buka ataupun alamat e-mail kamu.

Lalu Apakah Fitur Baru yang Diperkenalkan Firefox?

Seperti yang dilansir dari Mozilla Security Blog, Firefox hadir dengan kebijakan header perujuk yang baru. Hal ini dimaksudkan untuk melindungi data pribadi para pengguna ketika mereka browsing di internet.

Kebijakan tentang perujuk ini sebenarnya sudah ditentukan di tahun 2016, tetapi kebijakan ini hanya ditujukan untuk melindungi pengguna saat berpindah dari situs HTTPS ke HTTP, padahal untuk sekarang HTTPS sudah tidak digunakan lagi pada situs web modern. Tentu ini membuat kebijakan ini harus diperbarui karena sudah usang dan kuno.

Karena hal itulah Mozilla merubah kebijakannya dan menyebut kebijakan ini dengan “tight-origin-when-cross-origin”. Ini akan menghapus segala informasi sensitif milih pengguna yang mungkin masih menempel pada URL. Jika kamu adalah pengguna Firefox, kebijakan ini sudah bisa dinikmati pada pembaruan kali ini, dan kamu bisa mengupdate Firefox kamu pada versi terbaru.

Firefox: Browser Khusus Untuk Privasi?

Sangat menyenangkan jika kita melihat Firefox terus berbenah untuk meningkatkan privasinya, meskipun bisa dibilang masih belum seaman browser yang menyediakan anonimitas.

Tetapi dengan demikian, bagi kamu pengguna setia Firefox entah itu versi web ataupun versi Android, kamu tetap bisa menerima perlindungan pasif seperti ini adalah sebuah langkah signifikan yang diambil oleh Mozilla, dan kita harus memberikan sebuah apresiasi untuk itu.

Oke itu tadi berita seputar browser Mozilla Firefox, semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu semuanya ya. Jika kamu ada saran tentang aplikasi dan game yang ingin dibahas, kamu bisa berkomentar pada kolom dibawah ya, terima kasih!.

Sumber

  HP LOKAL INI MULAI BERANI NANTANG XIAOMI..!! 🔥🔥  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.