via Business Insider

Ada banyak tips untuk meningkatkan masa pakai baterai ponsel, namun beberapa ahli meyakini kalau hal yang paling berdampak adalah dengan mengurangi pengisian baterai ponselmu ke kapasitas penuh (100%). Inilah sebabnya, ada banyak OEM laptop yang menawarkan perangkat lunak untuk membatasai pengisian daya baterai, sehingga nantinya perangkat tersebut secara otomatos akan menghentikan pengisian daya begitu baterai mencapai tingkatan tertentu.

Itu tadi di sisi laptop, bagaimana dengan smartphone? Untuk saat ini cuma Sony yang menawarkan fitur serupa pada smartphone Xperia miliknya dengan fitur bernama Battery Care. Menariknya, beberapa ponsel Google Pixel juga memiliki fungsi ini, tetapi sebagian besar pengguna tidak menyadari keberadaannya.

Tidak jelas kapan tepatnya Google meluncurkan fitur ini. Namun berdasarkan beberapa laporan pengguna, fitur ini sudah ada sejak April atau Mei tahun ini. Fitur ini kabarnya tersedia di semua ponsel Pixel, dimulai dari Pixel 3 dan yang lebih baru. Sangat wajar jika fitur ini tidak disadari kehadirannya, karenaa fitur ini secara otomatis akan menghentikan pengisian daya perangkat setelah baterai mencapai 80% dengan kondisi tertentu, seperti:

  • Pengisian terus menerus dalam kondisi menguras baterai, seperti ketika bermain game
  • Pengisian terus menerus selama empat hari atau lebih

Ketika kondisi di atas terpenuhi, pengisian daya secara otomatis dibatasi hingga 80% dan nantinya akan muncul pemberitahuan yang mengatakan “mengoptimalkan kesehatan baterai” di Always On Display serta di bagian Baterai pada aplikasi Pengaturan. Sayangnya, tidak seperti fitur kesehatan baterai yang diimplementasikan oleh Sony, Google tidak menawarkan opsi yang memungkinkan pengguna untuk mengontrol fitur tersebut. Ini dipicu secara otomatis ketika kondisi yang diberikan terpenuhi dan hanya dapat dinonaktifkan dengan mencabut telepon Anda dari pengisi daya atau memulai ulang.

via Google

  ⚡️ HUAWEI SUPER DEVICE! Melihat Kecanggihan Laptop Huawei Terbaru  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.