Sudah bukan sebuah rahasia lagi jika pelajaran matematika merupakan sebuah pelajaran paling sulit yang pernah ada. Sebenarnya hal ini sangat bisa dimengerti karena ada banyak rumus yang harus kita hafal, belum lagi berurusan dengan angka yang “njelimet” dan seringkali membuat otak kita menyerah. Nah, kali ini aku akan memberikan beberapa rekomendasi aplikasi matematika Android terbaik untuk saat ini, langsung aja kita cek daftarnya ya.

Baca Juga:

1. Brainly

Sudah tidak dapat disangkal jika aplikasi Brainly merupakan salah satu aplikasi yang sangat penting bagi kehidupan bersekolah siswa sekarang ini. Bisa dibilang Brainly adalah aplikasi sosial media khusus untuk para pelajar. Dengan aplikasi ini kamu bisa bertanya dengan orang lain tentang soal pekerjaan rumah kamu. Selain itu, kamu juga akan mendapatkan beberapa cara penyelesaian untuk menjawab soal tersebut. Aplikasi ini juga support dengan segala macam rumus matematika loh, cuma kemungkinan keterbatasan ada di aplikasi ini, dimana yang diajarkan hanyalah ilmu basic matematika yang didukung hanya bagi pendidikan sekolah dasar hingga perguruan tinggi. Aplikasi Brainly ini bisa kamu dapatkan secara gratis kok, dan mungkin ada event-event tertentu yang sayang banget untuk dilewatkan. Download Brainly.

2. HiPER Scientific Calculator

Selanjutnya, ada sebuah aplikasi scientific kalkulator yang mungkin bisa membantu kamu dalam menghitung rumus-rumus matematika atau fisika yang menyulitkan. Kalkulator ini mendukung hingga 100 digit significand dan 9 digit eksponen. Sebagai tambahan, aplikasi kalkulator ini mempunyai beberapa fitur yang cukup rumit bagi para pengguna kalkulator biasa. Aplikasi ini juga mampu menampilkan grafis secara 3D, mengkonversi nilai unit yang berbeda, dan tentunya menyimpan histori sehingga kamu tidak perlu menghitung sebuah perhitungan yang sama secara terus menerus. Aplikasi ini bisa kamu dapatkan secara gratis, dan untuk versi premiumnya hanya akan menghilangkan iklan di dalamnya. Download HiPER Scientific Calculator.

3. Khan Academy

Beberapa aplikasi edukasi memang berfokus atau membahas topik secara lebih spesifik. Nah, Khan Academy ini mungkin bisa menjadi salah satu pilihan yang bagus untuk kamu. Dengan konsep online learning kamu bisa mencari semua hal mulai dari matematika, fisika, biologi, ekonomi, dan lain-lain. Akan ada sekitar lebih dari 10.000 video yang bisa kamu tonton untuk mempelajari pelajaran edukasi. Memang ini bukanlah aplikasi matematika secara spesifik, tetapi jika memang kamu ingin mempelajari basic-basic dari matematika serta rumus-rumusnya, aplikasi ini adalah aplikasi yang aku rekomendasikan banget untuk kamu install di smartphone kamu. Download Khan Academy.

4. LectureNotes

Lecture Notes merupakan aplikasi note taking yang sangat populer belakangan ini. Dengan aplikasi ini kamu bisa membuat catatan, menggambar sesuatu dari tangan kamu, hingga fitur perekaman. Nah, fitur menggambar ini mungkin sangat berguna ketika kita belajar matematika, dimana kita bisa menggunakan fitur ini sebagaimana kertas buram yang sering kita lihat ketika ujian matematika berlangsung. Selain itu, aplikasi ini support dengan aplikasi note taking lain seperti OneNote, dan Evernote, bagaimana lengkap bukan?. Aplikasi ini bisa kamu dapatkan secara gratis kok, dan kalau misalnya kamu ingin mendapatkan fitur-fitur yang lebih powerful kamu bisa mengupgradenya ke versi premium. Download LectureNotes.

5. MyScript Calculator 2

Matematika merupakan pelajaran yang mungkin bagi kebanyakan orang adalah pelajaran yang sulit. Tetapi berkat kecanggihan teknologi sekarang ini, sebuah rumus matematika bisa dipecahkan secara mudah dan cepat. MyScript Calculator ini merupakan aplikasi khusus untuk memecahkan segala bentuk rumus matematika, cukup dengan tulis rumus matematika tersebut, lalu aplikasi ini secara otomatis akan menyelesaikan rumus tersebut. MyScript Calculator 2 ini support dengan berbagai lambang matematika, rumus aljabar, trigonometri, aritmatika dan berbagai rumus lainnya. Aplikasi sangat direkomendasikan untuk anak sekolah bahkan hingga umum. Untuk menikmati aplikasi ini kamu harus sedikit menguras kocek kamu ya, dengan harga Rp. 43.000,00 kamu bisa menikmati aplikasi ini. Download MyScript Calculator 2.

6. Photomath

Matematika memang menjadi sebuah momok bagi sebagian besar pelajar, bahkan sampai mahasiswa. Nah, bagi kamu yang kesulitan untuk belajar matematika tersebut, ada jalan keluarnya loh, kamu tinggal menginstall aplikasi Photomath ini. Hanya dengan menggunakan kamera dan teknologi OCR di dalam aplikasi ini, kamu tinggal arahkan kamera ke soal tersebut, dan hasilnya sudah tertera di smartphone kamu. Mungkin ini kesannya tidak bagus karena langsung mengeluarkan sebuah jawaban, tetapi yang harus kamu tahu Photomath juga mengajarkan cara untuk menyelesaikan soal tersebut. Jadi tidak ada alasan bagi kamu untuk menakuti pelajaran matematika itu. Download Photomath.

7. Socratic by Google

Selanjutnya ada aplikasi Socratic by Google. Aplikasi belajar ini memang sangat direkomendasikan untuk kamu, ketika ada rumus matematika yang mungkin membuat kamu kesusahan dalam memecahkannya, kamu cukup memfotonya saja lalu secara otomatis akan tersedia jawaban dan cara penyelesaiannya. Tidak hanya matematika saja, kamu juga bisa menyelesaikan pelajaran sejarah, ekonomi, fisika dan masih banyak lainnya. Kelebihan paling menonjol dari Socratic adalah aplikasi ini gratis, dan kamu bisa menikmati segala macam fiturnya dengan bebas dan tanpa batasan apapun. Download Socratic by Google.

Oke itu tadi beberapa aplikasi matematika Android terbaik saat ini. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu semua ya. Jika kamu ada masukan tentang aplikasi atau game yang ingin dibahas, kamu bisa komentar di kolom dibawah ya, terima kasih !.

  HP LOKAL INI MULAI BERANI NANTANG XIAOMI..!! πŸ”₯πŸ”₯  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.